Jakarta (ANTARA) - PT Pos Indonesia (Persero) resmi membuka layanan daycare atau sarana pengasuhan yang ramah anak sebagai bentuk kepedulian terhadap perempuan sekaligus upaya untuk menciptakan generasi unggul untuk masa depan Indonesia.

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Siti Choiriana mengatakan layanan daycare itu tersedia di Kantor Pos Besar, Jakarta Pusat, sehingga memudahkan karyawan wanita khususnya yang bermukim di pinggiran kota agar bisa merawat anak mereka secara baik.

"Ini bentuk kepedulian kami terhadap karyawan wanita yang memiliki bayi atau balita untuk tetap bisa membawa anak mereka saat bekerja," ujarnya di Jakarta, Kamis.

Choiriana atau akrab disapa Ana menuturkan penyediaan daycare dilakukan supaya anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik karena mendapat ASI yang cukup dan belaian hangat dari ibu mereka.

Baca juga: Pos Indonesia tingkatkan layanan nilai tambah agar bisa bersaing

Pos Indonesia menyediakan beragam fasilitas pada layanan daycare tersebut mulai dari area bermain anak, kasur untuk anak tidur, ruang menyusui yang juga bisa untuk pumping.

Anak-anak akan diawasi oleh suster dan tenaga pengasuh terampil dan para ibu bisa mengunjungi anak yang mereka titipkan saat jam istirahat.

"Kami menyiapkan tempat yang sangat layak untuk mereka bisa bekerja nyaman dengan memberikan fasilitas daycare tersebut, sehingga saat mereka berangkat bekerja anaknya bisa dibawa dan dititipkan di daycare," kata Ana.

"Semoga daycare ini bisa membuat karyawan wanita untuk semangat bekerja secara nyaman dan tenang. Anak-anak juga menjadi nyaman karena bisa mendapatkan gizi yang baik dari ASI dan mereka merasa dekat dengan ibu mereka, sebab sehari bisa bertemu berkali-kali," katanya.

Baca juga: Pos Indonesia jadi referensi perusahaan pos Asia Pasifik

Ana menegaskan bahwa Pos Indonesia memberikan tempat untuk perempuan dan milenial mengingat standar internasional terhadap komposisi kepemimpinan perempuan di dalam perusahaan adalah 25 persen.

Sedangkan angka rata-rata di Indonesia masih terbilang rendah, sehingga ketertinggalan itu harus dikejar, salah satu caranya dengan mempersiapkan pemimpin masa depan secara baik.

"Hal yang menjadi tantangan dari perempuan sehingga sulit menjadi future leader mesti dibantu dan disiapkan. Dengan demikian, perusahaan juga untung karena produktivitas akan semakin bagus karena karyawan yang bekerja dengan nyaman dan baik akan memberikan kontribusi yang lebih baik," katanya.

"Ibunya mendapat manfaat, anaknya juga mendapat, dan perusahaan juga mendapat manfaat. Dengan begini negara juga mendapat untung," ucap Ana.

Baca juga: Pos Indonesia sasar konsumen milenial, dekati kalangan kampus

Setelah meresmikan layanan daycare di Jakarta, Pos Indonesia berkomitmen memperluas layanan itu hingga ke Surabaya, Bandung, dan kota-kota lain di Indonesia.

Melalui daycare tersebut, kata Ana, perseroan sedang menyiapkan generasi emas karena balita yang dirawat dengan baik dan dekat dengan orang tuanya akan menjadi generasi yang baik pula di masa depan.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022