Alhamdulillah. Tour de Bintan tahun ini sukses digelar dan nihil kasus COVID-19.
Bintan (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengatakan kesuksesan Tour de Bintan 2022 menjadi bukti bahwa Kepri aman dan nyaman dikunjungi oleh wisatawan mancanegara (wisman) meski pandemi COVID-19 belum selesai.

"Alhamdulillah. Tour de Bintan tahun ini sukses digelar dan nihil kasus COVID-19," kata Gubernur Ansar di Tanjungpinang, Minggu.

Ansar mengatakan pagelaran Tour de Bintan tahun ini diikuti ratusan peserta dari puluhan negara di dunia setelah dua tahun vakum akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: 550 peserta ikuti jelajah wisata "Tour de Merapi 2022"

Ia berharap ajang olahraga terbesar se-Asia itu dapat membangkitkan ekonomi dan juga memaksimalkan kunjungan wisman ke Kepri, khususnya ke Kabupaten Bintan.

"Harapannya bisa kembali seperti masa sebelum pandemi, karena sudah sekian lama mungkin orang menahan hasrat berwisata. Apalagi kita ini dekat dengan Singapura dan Malaysia, jadi warga kedua negara itu pasti banyak yang ingin datang ke sini," ujar Ansar.

Ansar juga terus mendesak pemerintah pusat terkait permintaan diskresi pembukaan kembali pintu kunjungan wisman tanpa Visa on Arrival.

"Kita sudah surati dan bertemu langsung Menteri Hukum dan HAM, juga diskusi dengan Menko Perekonomian. Kita minta itu supaya cepat hingga hotel-hotel besar yang sebagian saat ini masih tutup karena beban operasionalnya besar, sementara kunjungan turis terbatas, bisa segera dibuka kembali," ungkapnya.

Baca juga: Satgas: Tak ditemukan kasus COVID-19 dalam "Tour de Bintan"

Sementara itu, Bupati Bintan Roby Kurniawan menyatakanTour de Bintan edisi 2022 digelar selama tiga hari, dari tanggal 14 hingga 16 Oktober 2022.

Sebanyak 481 pesepeda dari 33 negara mengikuti lima kelas yang diperlombakan. Peserta terbagi atas 125 peserta individual time trial 17 kilometer, 142 peserta Gran Fondo Challenge 82 km, 78 peserta Grand Fondo Discovery 52 kilometer, 310 peserta Gran Fondo Classic 142 kilometer, dan 193 peserta Gran Fondo Century 112 kilometer.

"Peserta yang lolos kualifikasi dapat berpartisipasi dalam kegiatan sepeda internasional lanjutan, yaitu UCI Gran Fondo World Championship yang akan digelar di Glasgow, Skotlandia, pada Agustus 2023," ujar Roby.

Roby Kurniawan menyampaikan Tour de Bintan bukan hanya kompetisi belaka, namun merupakan langkah awal kebangkitan pariwisata Bintan.

Baca juga: Andy Royan pebalap Asia terbaik kedua etape 6 Tour de Langkawi

Ia menegaskan acara ini menjadi kesempatan bagi Pemkab Bintan dan Bintan Resort Cakrawala (BRC) Lagoi serta seluruh pihak terkait kepariwisataan menyampaikan kepada dunia bahwa Bintan telah siap, aman, dan layak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal dan internasional.

"Kami ingin menunjukkan bahwa sektor pariwisata Bintan telah pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," ucap Roby.
 

Pewarta: Ogen
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022