Langkawi, Malaysia (ANTARA) - Etape 7 Le Tour de Langkawi (LTDL) 2022 yang melalui wilayah Gunung Raya, Malaysia dibatalkan oleh pihak penyelenggara karena alasan keselamatan mengingat kondisi lintasan dinilai berbahaya setelah diguyur hujan semalaman.

Menurut keterangan dari President Commissaire penyelenggara LTDL yang diterima Antara di Langkawi, Senin hal tersebut telah melalui pertimbangan dari pihak pemerintah setempat yang lebih memahami kondisi.

Lebih lanjut ia mengatakan, balapan LTDL tetap akan diselenggarakan hari ini, namun rute yang akan dipakai adalah etape 8. Sehingga etape 8 akan menjadi rute etape ke-7 LTDL.

Baca juga: Erlend Blikra rajai trek datar etape 6 Tour de Langkawi

Kondisi berbahaya dikarenakan hujan yang terus menerus mengguyur Pulau Langkawi dan menyebabkan tanah longsor di beberapa titik yang dilalui oleh rute etape 7.

Selain itu, dinas pemerintah daerah setempat memberikan konfirmasi bahwa terjadi banjir di beberapa daerah atas imbas hujan terus menerus yang lokasinya berdekatan dengan rute etape 7.

Daerah terdampak banjir adalah Kampung Teluk Yu, Kampung Kilim dan Kampung Telaga Ayer Hangat. Selain itu juga di Kampung Belanga Pecah di Kuah, Bukit Kemboja dan Sungai Melaka di Padang Matsirat serta Empangan Padang Saga di Ulu Melaka.

Belum ada informasi resmi apakah LTDL akan tetap digelar dengan total 8 etape, namun berdasarkan pertimbangan tim dan komisaris penyelenggara LTDL sementara lintasan etape 8 akan dijadikan etape 7.

Baca juga: Sosa Cuervo ambil alih jaket kuning Le Tour de Langkawi
Baca juga: Andy Royan pebalap Asia terbaik kedua etape 6 Tour de Langkawi

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022