Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin berhasil menempati posisi keenam terbaik se-Indonesia berdasarkan rilis Times Higher Education (THE) melalui THE World University Rankings (THE WUR) 2023.

"Pencapaian ini tentu saja tidak lepas dari usaha bersama yang dilakukan oleh semua civitas akademika Unhas yang ditunjang dengan berbagai program telah kami luncurkan," kata
Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa dalam keterangan persnya di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, program tersebut di antaranya Penguatan Kelembangaan, Transformasi Digital, Internasionalisasi, dan Kemandirian.

Selain itu, pihaknya telah membentuk Unit Peningkatan Reputasi (UPR) agar Unhas bisa lebih fokus mengenai masalah pemeringkatan.

Baca juga: RSGMP Unhas berikan layanan pemeriksaan gigi gratis

Baca juga: BPIP gandeng FH Unhas monev Perda Pandai Baca Alquran di Enrekang


Saat ini, UPR telah melaksanakan program penginputan data untuk memenuhi syarat agar dapat mengikuti THE Ranking 2024.

“Kami sangat bersyukur dan tentu semua civitas akademika Unhas bergembira atas pencapaian ini,” ujarnya.

Saat ini, tujuan dari semua universitas bergengsi di dunia adalah untuk memberikan layanan pendidikan dan penelitian berkualitas tinggi mutakhir dengan standar global. Kenyataan itu menjadi hal menggembirakan dengan adanya rilis dari THE WUR.

Adapun bobot nilai dalam pemeringkatan yang diberikan oleh THE WUR, diantaranya yakni; bidang lingkungan belajar (bobot 40 persen), penelitian (30 persen), pengaruh riset/citation (30 persen), international outlook (7,5 persen), dan transfer pengetahuan (2,5 persen).

Berdasarkan penilaian THE WUR menunjukkan bahwa Unhas telah berhasil menyediakan sarana dan prasarana pendidikan berkelas internasional.

Di saat yang sama, para civitas akademika Unhas pun semakin antusias dan bersemangat melakukan penelitian yang berkualitas, terbukti dengan sitasinya yang tergolong tinggi, Hal itu kemudian berpengaruh positif pada persepsi dunia internasional.

Wajar bila posisi Unhas juga semakin menempati urutan teratas di antara universitas terbaik di Asia Tenggara.
Peringkat keenam yang di berikan THE WUR 2023 memiliki prestise dan posisi khusus dalam peringkat universitas dunia hari ini.

Berada di daftar universitas top dunia dalam setiap pemeringkatan tersebut merupakan salah satu cita-cita, penghargaan, program dan tujuan utama universitas yang berupaya mengembangkan programnya di tingkat nasional dan internasional.*

Baca juga: BRIN-Unhas bahas manfaat lebah bagi manusia dan alam

Baca juga: Menteri Investasi terharu orasi ilmiahnya disambut meriah di Unhas

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022