mereka sangat senang dengan kedatangan perpustakaan keliling
Jakarta (ANTARA) - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 209, Kramat Jati, Jakarta Timur menyambut baik program perpustakaan keliling oleh Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat untuk meningkatkan minat baca siswa.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sekolah SMPN 209, Sumarno di Jakarta, Rabu mengatakan program perpustakaan keliling itu disambut antusias oleh siswa-siswi karena para siswa dapat membaca beragam jenis buku yang disediakan oleh perpustakaan keliling.

"Saya berbicara dengan anak anak, mereka sangat senang dengan kedatangan perpustakaan keliling ini untuk bisa membaca berbagai macam buku," kata Sumarno. 

Sumarno menambahkan bahwa program perpustakaan keliling tersebut perlu untuk lebih digencarkan dengan rutin mengunjungi sekolah-sekolah.

Hal itu karena, katanya, dengan adanya perpustakaan keliling tersebut dapat mengurangi penggunaan gawai oleh siswa terutama saat jam istirahat sekolah berlangsung.

Baca juga: Kepala Dinas Perpustakaan DKI apresiasi tingginya minat baca warga

"Banyak bukunya ada lebih dari dua ribu. Ini adalah merupakan hal yang perlu kita lanjutkan dan kita teruskan untuk anak anak ini sehingga untuk mengurangi penggunaan gadget," ujar Sumarno.

Dia pun berharap melalui program yang diinisiasi oleh Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur itu dapat meningkatkan literasi siswa.

"Paling tidak anak anak ini bisa rehat sedikit kemudian juga menguatkan literasi yang sekarang sedang digaungkan khususnya oleh Pemprov DKI Jakarta," kata Sumarno.

Salah satu siswa kelas VII SMPN 209, Davina Dwi Maharani, mengatakan program perpustakaan keliling tersebut dapat mendorong minat baca siswa.

"Ini sangat bagus untuk menumbuhkan jiwa-jiwa membaca yang tinggi, bisa berfikir kritis, juga bisa lebih tahu lagi tentang dunia lain lewat buku-buku," kata Davina.

Baca juga: Pemprov DKI tingkatkan kualitas SDM lewat promosi literasi

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022