Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meminta Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dirawat dan dimanfaatkan secara optimal agar keberadaannya berkelanjutan.

Hal tersebut disampaikan Heru dalam pertemuan dengan pengelola RPTRA se-DKI Jakarta di RPTRA Utama, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (12/10).

"Tolong titip ini dirawat agar fasilitas umum ini bisa terus digunakan oleh anak dan cucu kita ke depan," kata Heru dalam keterangan tertulisnya di Jakarta pada Jumat.

Heru berharap pihak pengelola menghidupkan suasana RPTRA sesuai fungsinya, yaitu memfasilitasi berbagai kegiatan masyarakat, khususnya anak-anak.

“Sesuai dengan namanya, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak, kami minta bagi pengelola tempat ini agar menciptakan suasana ramah untuk anak-anak,” katanya.

Baca juga: Sudin Pusip Jakbar targetkan 10 perpustakaan RPTRA terakreditasi

Selain sarana bermain anak-anak, ungkap Heru, RPTRA juga bisa digunakan sebagai sarana berolahraga dan interaksi masyarakat, terutama kepentingan ibu dan anak.

Pada kesempatan yang sama, Pj Ketua TP PKK DKI Jakarta, Mirdiyanti Heru Budi Hartono
mengatakan pertemuan tersebut digelar sebagai ajang silaturahmi dan berbagi pengalaman antara para pengelola RPTRA di DKI Jakarta.

Ia mengungkapkan, keberadaan pengelola RPTRA sangat penting dan layak diapresiasi karena telah berjasa dalam menjaga fasilitas umum tersebut.

"Jadi acara 'meet and greet' ini sebelumnya diadakan dengan segelintir orang saja. Namun saat ini kita ingin mengundang seluruh pengelola RPTRA di seluruh Jakarta agar bisa bersilaturahmi dan berbagi pengalaman dalam mengelola," ungkapnya.

Baca juga: Kelurahan Sunter Agung kembangkan tanaman anggur di RPTRA Sunter

Masyarakat, kata Mirdiyanti, bisa melihat suka dan duka para pengurus RPTRA sehingga ada pelajaran yang bisa dipetik agar RPTRA di Jakarta selalu menampilkan pelayanan terbaik.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 1.200 pengelola RPTRA se-DKI Jakarta tersebut diisi dengan penampilan seni dan budaya dari masing-masing pengelola RPTRA.

Dari wilayah Jakarta Barat, grup vokal dan tarian selamat datang dari RPTRA Carina Sayang, Kelurahan Rawa Buaya, ditampilkan dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, pihak Kepolisian dan TNI.

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Barat juga meminta masyarakat untuk memaksimalkan perpustakaan di RPTRA.

Baca juga: RPTRA di Jakbar ditanami tanaman obat dan budi daya ikan

Kepala Sudin Pusip Jakarta Barat, Achmad 
Jazuri menyebut bahwa pihaknya menyediakan perpustakaan pada 68 RPTRA di Jakarta Barat beserta koleksi buku-bukunya.

"Jadi masyarakat bisa mengunjungi perpustakaan di RPTRA wilayah masing-masing, sehingga fasilitas yang disediakan itu bisa bermanfaatlah, khususnya untuk kepentingan literasi masyarakat," kata Achmad pada Kamis (31/8).

Ia menyebut, pengadaan perpustakaan di setiap RPTRA di Jakarta Barat salah satunya ditujukan untuk mendekatkan literasi dengan masyarakat.

"Jadi akses ke buku itu bukan cuma di kantor Sudin Pusip (Jakbar) saja nih, tetapi di RPTRA yang dekat dengan masyarakat juga," kata Achmad.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023