distribusi rak dan buku sudah mencapai 80 persen
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip (Sudin Pusip) Jakarta Pusat  mendistribusikan rak dan buku kepada 50 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat.

Kepala Sudin Pusip Jakarta Pusat Irwan Septinandi menjelaskan distribusi rak dan buku sudah mencapai 80 persen dan diperkirakan selesai pada pertengahan bulan ini.

"Rak sudah diberikan kepada 50 RPTRA yang ada di Jakarta Pusat, dan sekarang sudah kita cicil distribusinya, sedangkan buku dari penerbit harus diolah dahulu oleh admin kita baru kemudian baru bisa disalurkan," kata Irwan di Jakarta, Rabu.

Irwan menjelaskan setiap RPTRA di delapan kecamatan Jakarta Pusat akan mendapatkan 150 buku.

Pada Rabu ini, Sudin Pusip sudah mendistribusikan rak buku ke tiga RPTRA, yakni RPTRA Planet Senen, RPTRA MH Thamrin, dan RPTRA Annur.

Menurut dia, pemberian rak dan buku ini selain untuk melengkapi sarana dan prasarana di RPTA, juga diharapkan meningkatkan minat baca warga sekitar, terutama anak-anak.

Oleh karenanya, Sudin Pusip menambahkan koleksi buku baru berupa bacaan untuk anak-anak maupun buku edukasi tentang stunting yang bisa dipahami ibu-ibu dan warga.

Untuk rencana berikutnya, Sudin Pusip melakukan peninjauan guna mengetahui kebutuhan warga di RPTRA.

"Misalnya pendingin udara atau karpet puzzle atau lainnya yang menjadi kebutuhan perpustakaan di RPTRA dan menambah kenyamanan. Nanti akan kita tinjau di lapangan terlebih dahulu baru dianggarkan kebutuhannya," kata Irwan.
Baca juga: Dinas Perpustakaan DKI gandeng akademisi tingkatkan budaya baca
Baca juga: DKI kemarin, perkembangan inflasi hingga razia uji emisi tanpa tilang
Baca juga: Perpustakaan DKI distribusikan buku bacaan ke keluarga lewat PKK

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024