selaras dengan arahan dari Pj Gubernur DKI Jakarta yang ingin aparat dari seluruh wilayah itu melakukan penanaman pohon secara berkala
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) menanam ratusan pohon tabebuya di Jalan Pegangsaan, Kecamatan Menteng,  kawasan Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat.

"Sekitar 105 pohon kita tanam di kawasan Tugu Proklamasi," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma di Jakarta, Senin.

Dhany Sukma mengungkapkan gerakan penghijauan dilaksanakan dalam rangka menjalankan arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Ini juga selaras dengan arahan dari Pj Gubernur DKI Jakarta yang ingin aparat dari seluruh wilayah itu melakukan penanaman pohon secara berkala pada area yang memang kurang pohon,” lanjutnya.

Dhany Sukma mengatakan penanaman tabebuya untuk memberikan penghijauan pada area yang masih belum tersentuh pohon atau masih kurang.

Selain kegiatan penanaman pohon, ia juga meninjau trotoar di sekitaran Tugu Proklamasi dan trotoar di sekitar RW 01, Kelurahan Pegangsaan.

“Di samping menanam pohon kita juga menjalankan arahan dari penjabat gubernur untuk memelihara trotoar yang sudah dibangun, ditata dengan melakukan pembersihan trotoar serta melibatkan peran masyarakat terutama para pedagang yang ada di lokasi binaan," ungkapnya.

Dalam hal ini, Dhany mengajak seluruh warga agar dapat memelihara dan menjaga infrastruktur umum yang sudah tersedia di Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta kepada seluruh Wali Kota untuk menanam pohon guna mengantisipasi serta upaya pencegahan terjadinya banjir di DKI Jakarta.

"Memasuki musim penghujan, saya meminta kepada seluruh wali kota untuk menanam pohon sebanyak-banyaknya, nanti untuk titiknya dimana saja," kata Heru di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Selasa (18/10).

Heru juga menyebutkan jumlah pohon yang harus ditanam sekitar 600 hingga 1.000 pohon dalam kurun waktu satu bulan ke depan.
Baca juga: Pemkot Jaktim tanam 150 pohon di kolong Tol Becakayu
Baca juga: Pemkot: "Jumat Berfaedah" sejalan dengan instruksi Pj Gubernur
Baca juga: PJ Gubernur DKI Jakarta minta seluruh wali kota untuk menanam pohon

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022