Keselamatan adalah fokus nomor satu kami saat terbang ke tempat terdingin, paling berangin, dan terjauh di Bumi, jadi ini bukan hal yang aneh
Sydney (ANTARA) - Kunjungan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern ke stasiun penelitian negaranya di Antartika pada Selasa  terganggu oleh cuaca buruk yang memaksa pesawat yang ditumpanginya berbalik arah.

Menurut sebuah pernyataan pemerintah Selandia Baru, pesawat militer C130 Hercules yang membawa Ardern terkendala cuaca buruk di McMurdo Sound di Antartika, yakni lokasi beberapa stasiun penelitian internasional.

Kunjungan empat hari yang direncanakan untuk dilakukan Ardern adalah untuk menandai peringatan 65 tahun Scott Base -- stasiun penelitian Antartika Selandia Baru.

Baca juga: Ilmuwan temukan sumber metana alami di Antartika

"Keselamatan adalah fokus nomor satu kami saat terbang ke tempat terdingin, paling berangin, dan terjauh di Bumi, jadi ini bukan hal yang aneh," kata juru bicara badan Antartika Selandia Baru.

Namun, juru bicara itu tidak menyebutkan apakah perjalanan Ardern ke Antartika akan dicoba lagi setelah cuaca cerah.

Selandia Baru adalah salah satu dari tujuh negara, termasuk Australia, Prancis dan Chile, yang memiliki klaim teritorial di Antartika.

Sumber: Reuters

Baca juga: Bakteri yang resisten terhadap antibiotik ditemukan di Antartika
Baca juga: Peneliti sebut lubang ozon Antartika salah satu yang terbesar

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022