kita berharap mereka tambah ilmu dan kompetensi
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) mengadakan Kegiatan Pelatihan Penumbuhan Wirausaha Industri Baru berupa kerajinan tangan bagi empat puluh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kecamatan Pasar Minggu.

"Untuk wirausaha industri baru itu, dari dulu sudah berjalan, cuma saat pandemi berhenti sementara dulu. Kita fokus pada penanganan pandemi, " kata Kepala Satuan Pelaksana Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM), Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan Nyoman Mahendra saat dihubungi, di Jakarta, Kamis.

Nyoman melanjutkan bahwa ke depannya pihaknya akan terus mengadakan kegiatan serupa sesuai dengan konsentrasi untuk memasuki ke dalam fase pelatihan berkelanjutan.

Lebih lanjut, dia sampaikan bahwa untuk wirausaha industri baru ada tiga bidang komoditas yaitu kuliner, fesyen dan kerajinan.

Baca juga: Pemkot latih puluhan ibu rumah tangga jadi penjahit profesional

Ia menyebut, untuk pelatihan itu, adalah bidang kerajinan tangan dan diikuti empat puluh UMKM dari anggota Jakpreneur Kecamatan Pasar Minggu.

Ia menambahkan, bahwa tujuan pelatihan itu adalah melatih keterampilan keras (hard skill) pelaku usaha agar ke depannya mereka bisa meningkatkan kompetensinya maupun keahliannya, khususnya pembuatan kerajinan tangan.

"Setelah empat hari pelaksanaan pelatihan, kita berharap mereka tambah ilmu dan kompetensi," katanya.

Selain itu, mereka diharapkan juga dapat bersaing dan juga meningkatkan omset mereka.

Baca juga: DKI hadirkan fasilitas pemasaran UMKM di Dukuh Atas

Pelatihan berjalan selama empat hari pada 24-27 Oktober 2022 mulai dari pukul 08.00 hingga 12.00 di Ruang Terbuka Hijau Ramah Anak (RPTRA) Kemuning di Pejaten Timur, Pasar Minggu.

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022