Labuan Bajo (ANTARA) - Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan Indonesia Financial Group (IFG) menjalankan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN dengan memberikan sembako kepada 592 kepala keluarga di Pulau Messah, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Ini bukti nyata pemerintah peduli dan hadir melalui Kementerian BUMN dan IFG di Pulau Messah untuk meringankan kebutuhan masyarakat dengan membagikan paket sembako," kata Direktur SDM IFG Rizal Ariansyah di Labuan Bajo, Minggu.

Kehadiran IFG ke Pulau Messah sebagai wujud kepedulian dan dukungan pemerintah kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Kementerian BUMN dan IFG ingin mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberian paket sembako ke masyarakat. Kementerian BUMN hadir lewat program TJSL untuk mendorong percepatan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Manggarai Barat.

Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Manggarai Barat selama lima tahun terakhir berada dalam kisaran angka sekitar 49 ribu orang. Secara persentase jumlah itu mengalami penurunan sebesar 1,64 dari tahun 2016 sebesar 19,35 persen menjadi 17,71 persen pada tahun 2020.

Baca juga: 1.200 peserta ikuti IFG Labuan Bajo Marathon 2022

Untuk itu, Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan Indonesia Financial Group (IFG) akan terus menjalankan program peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program bantuan sembako.

Pihaknya juga melakukan perbaikan infrastruktur, kesehatan, lingkungan hidup, hingga pelatihan dan pengembangan UMKM.

Seorang tokoh masyarakat Pulau Messah Said mengatakan masyarakat terbantu dengan adanya bantuan dari Kementerian BUMN. Bantuan tersebut tentunya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

"Kami di sini sangat bersyukur mendapatkan paket sembako. Dengan adanya bantuan ini kami sangat terbantu untuk kebutuhan sehari-hari," ungkapnya.

Dia berharap, IFG dapat membantu masyarakat untuk membuat tempat penampungan air bersih dan perbaikan dermaga untuk kenyamanan dalam beraktivitas. Masyarakat Pulau Messah sebagian besar bekerja sebagai nelayan.

Bantuan itu disalurkan oleh IFG dengan dihadiri oleh Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng dan didampingi oleh Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jamkrindo Abdul Bari dan Sekretaris Perusahaan PT Askrindo Denny S. Adji.

Penyaluran TJSL ini merupakan bagian dari kegiatan Pasar Rakyat dan Bazar UMKM BUMN serta pelaksanaan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 di Labuan Bajo sejak 27 Oktober 2022.

Baca juga: Menparekraf apresiasi penyelenggaraan IFG Labuan Bajo Marathon
Baca juga: Kementerian BUMN siap beri dukungan pembiayaan bagi UMKM Labuan Bajo
Baca juga: IFG ungkap alasan butuh PMN demi dukung program KUR

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022