Jakarta (ANTARA) -
TNI AL akan memamerkan sejumlah alutsista buatan anak bangsa pada kegiatan pameran pertahanan, "Indo Defence Expo & Forum, khususnya Naval Ship Display pada 2-5 November 2022 di Pondok Dayung, Jakarta Utara.
 
Hal itu terungkap ketika Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, mendampingi Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, meninjau kesiapan Pondok Dayung Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin.

Baca juga: Defend ID hadir di Indo Defence 2022 Expo & Forum
 
Salah satu Alutsista yang akan ditampilkan adalah KRI dr Wahdin Sudirohusodo–991, Kapal Bantu Rumah Sakit yang merupakan karya anak bangsa buatan PT PAL Indonesia. 
 
Menhan didampingi Kasal berkesempatan meninjau KRI yang diserahkan dan diresmikan masuk ke jajaran TNI AL pada 12 Januari 2022 lalu dan beroperasi di wilayah kerja Armada III yakni Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan berpangkalan utama di Sorong Provinsi Papua Barat.

Baca juga: Prabowo sebut 59 negara terlibat dalam Indo Defence 2022 Expo & Forum
 
Selain KRI Wahidin Sudirohusodo-991, Kasal bersama Menhan RI juga meninjau alutsista lainnya seperti KRI Golok-688, KRI Tombak-629, Tank Boat Antasena serta 2 Unit Sea Rider Kopaska yang juga akan dipamerkan dan ikut ambil bagian dalam Naval Ship Display.
 
Dalam kegiatan Indo Deffence 2022 akan dilaksanakan di tiga tempat yang berbeda yakni Indo Marine di laksanakan di Pondok Dayung, Jakarta Utara dan Indo Aero Space di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur serta di JIExpo Kemayoran, Jakarta. 

Baca juga: Sebanyak 52 negara telah mendaftar jadi peserta Indo Defence 202
 
Indo Defence sendiri adalah pameran industri pertahanan yang digelar Kementerian Pertahanan berkolaborasi dengan lebih dari 900 perusahaan bidang inhan yang akan terlibat, baik inhan dalam negeri maupun inhan luar negeri dari 59 negara.
 
Turut serta dalam peninjauan Wamenhan M Herindra, Dirjen Pothan, Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Panglima Koarmada RI beserta sejumlah pejabat utama TNI dan TNI AL dengan suguhan kemampuan personel TNI AL diantaranya uji keterampilan panjat tebing pasukan khusus Kopaska, bela diri militer dan latihan dayung.

Baca juga: Kemarin, kemudahan investasi di IKN hingga Indo Defence 2022

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022