Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Danny Kosasih mengatakan akan menggelar banyak kejuaraan 3x3 dengan menggunakan lapangan bola basket portabel.
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, Danny mengatakan perkembangan teknologi dalam olahraga bola basket makin pesat. Menurutnya Indonesia pantas berbangga karena menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menggelar turnamen dengan konsep anyar yakni bergulir di lapangan portabel.
 
Ajang tersebut bertajuk Toko Mekari 3×3 Championship 2022 yang berlangsung di Graha Tamiya, Serpong, Tangerang, Banten, kemarin, dan terselenggara berkat kerja sama Toko Mekari dengan Molten B+ Indonesia.
 
"Kami tentu sangat senang bisa mendapatkan lapangan jenis baru ini karena kami memang sedang mengembangkan basket 3x3. Lapangan portabel ini akan segera dipakai dalam kejuaraan-kejuaraan basket 3x3 yang diadakan PP Perbasi," kata Danny.

Baca juga: Indonesia juara musim perdana Liga Bola Basket Putri Asia Tenggara

Tak hanya lapangan portabel, ada perlengkapan lain seperti shooting machine dan latihan yang juga kali pertama digunakan di Asia Tenggara dalam ajang Toko Mekari 3×3 Championship 2022.
 
"Kami menghadirkan lapangan ini sebagai solusi untuk menghadirkan turnamen basket di mana saja. Konsepnya adalah membawa lapangan 3×3 ke tempat kalian," ujar Akinobu Izumi dari Molten Jepang.
 
"Konsep lapangan portabel ini juga baru pertama kali di Asia Tenggara. Dan Toko Mekari menjadi yang pertama menggelar turnamen dengan lapangan ini," ujarnya menambahkan..
 
Pemilihan Graha Tamiya juga menjadi bukti bahwa bermain basket bisa di mana saja. "Kami sadar kendala untuk bisa menggelar turnamen basket ada di lokasi. Arena di Indonesia terkadang ada yang tidak sesuai standar, apalagi untuk 3×3 harus menggunakan lapangan yang berbeda," ujar Direktur PT. Mekari Olahraga Indonesia Suwanto.
 
Ajang ini, lanjut Suwanto, juga menjadi titik awal pihaknya menjajal ranah sport event organizer. Ke depan bakal ada banyak event serupa yang menghadirkan produk berteknologi anyar di dunia olahraga.
 
"Kami punya komitmen untuk terus berinovasi setiap saat. Olahraga terutama basket punya potensi untuk terus berkembang dan teknologi terbaru akan kami hadirkan," ujar Suwanto menambahkan.
 
Adapun untuk Toko Mekari 3×3 Championship 2022 diikuti peserta dari berbagai kelompok usia. Ada dua kategori yang dibuka yakni open (putra dan putri) serta U-18 (putra dan putri).

Baca juga: Grand final Indonesia 3x3 jadi panggung tim terbaik dari lima provinsi

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022