Mamuju (ANTARA) - Personel TNI dari Kodim 1402 Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat bersama personel kepolisian dan masyarakat setempat melakukan pembukaan akses jalan di Desa Kalumammang yang terisolir akibat jembatan beton desa tersebut patah diterjang arus sungai.

'Ini sifatnya sementara atau solusi darurat sampai ada tindak lanjut perbaikan jembatan untuk jangka panjang dari pemerintah daerah," kata Komandan Kodim 1402 Polewali Mandar Letkol Czi Masni Etha Yanurianedhi, Selasa.

Pembukaan akses jalan melalui kegiatan karya bakti perintisan jalan penyeberangan melintasi sungai di Desa Kalumammang, Kecamatan Alu, Kabupaten Polewali Mandar itu kata Dandim agar perekonomian di daerah itu tetap berjalan.

"Karya bakti darurat ini dilakukan agar roda perekonomian sekitar 200 kepala keluarga di dua dusun, yakni Dusun Kalumammang dan Dusun Sumarrang Desa Kalumammang tetap berjalan," terang Masni Etha Yanurianedhi.

Baca juga: Kodim Polewali Mandar kerahkan personel bantu warga korban banjir

Baca juga: Kodim 1402 Polewali Mandar kerahkan Babinsa bantu warga korban banjir


Perintisan jalan alternatif melintasi sungai tersebut berupa akses penyeberangan bagi masyarakat setelah jembatan beton patah akibat dihantam arus sungai pada 26 Oktober 2022.

Jembatan tersebut kata Masni Etha Yanurianedhi, juga sebagai akses bagi anak-anak di desa tersebut untuk berangkat ke sekolah.

"Ini perlu perhatian khusus karena jembatan ini merupakan satu-satunya akses perekonomian masyarakat dan juga akses anak-anak kita yang akan ke sekolah," tutur Masni Etha Yanurianedhi.

Dandim meminta kepada Babinsa dan Babinkamtibmas, aparat desa setempat dan masyarakat terutama anak-anak yang akan berangkat ke sekolah menggunakan jalur alternatif itu menghindari arus sungai kala deras.

"Jika cuaca tidak mendukung dan arus air sungai deras agar lebih berhati-hati. Sekali lagi, ini hanya solusi darurat yang bisa dilakukan dari pihak Kodim, agar masyarakat dapat melintas terutama yang akan menuju kota," kata Masni Etha Yanurianedhi.

Baca juga: Polres Polman bersihkan longsor di Desa Lenggo

Baca juga: Longsor terjang daerah di Polewali Mandar, lima rumah rusak

Pewarta: Amirullah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022