Mamuju (ANTARA) - Kodim 1402 Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan karya bakti melalui peningkatan aksesibilitas jalan tani di Dusun Tojangan, Desa Pasiang dalam memudahkan mereka memasarkan komoditas hasil pertanian

Komandan Kodim 1402 Polewali Mandar Letkol Czi Masni Etha Yanurianedhi Kamis mengatakan, karya bakti dengan sasaran aksesibilitas jalan tani di Dusun Tojangan, Desa Pasiang, Kecamatan Matakali itu sebagai bentuk komitmen TNI dalam membantu meningkatkan kesejahteraan petani.

"Karya bakti dalam rangka aplikasi latihan teknis teritorial Kodim 1402 Polewali Mandar dengan melakukan pengecoran jalan tani masyarakat desa, adalah salah satu upaya yang sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat," kata Masni Etha Yanurianedhi.

Pengecoran jalan tani menurut Dandim, dapat memudahkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat desa dalam beraktivitas, termasuk dalam membawa hasil panen dan juga mengakses layanan publik seperti pasar, sekolah dan kantor pemerintahan yang muaranya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Selain itu lanjutnya, karya bakti dalam rangka aplikasi latihan teknis teritorial Kodim 1402 Polewali Mandar, adalah program latihan yang diselenggarakan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan teknis personel militer dan sipil dalam menghadapi situasi darurat di wilayah teritorial.

Tujuan dari program itu tambahnya, adalah untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan personel militer dalam menghadapi situasi darurat dan meningkatkan hubungan antara militer dan masyarakat setempat.

"Kegiatan ini melibatkan personel militer dan masyarakat setempat dalam melakukan berbagai kegiatan, seperti pembersihan jalan, pembangunan infrastruktur, penanggulangan bencana, dan pengamanan wilayah," jelas Masni Etha Yanurianedhi.

Sementara Anwar Pacau, salah satu warga Desa Pasiang, menyampaikan terima kasih atas kehadiran personel Kodim 1402 Polewali Mandar melakukan karya bakti bersama masyarakat.

"Saya mewakili masyarakat sangat berterima kasih sudah membantu masyarakat dusun melakukan pengecoran jalan tani secara swadaya." tutur Anwar Pacau.

Masyarakat yang umumnya sebagai petani kata Anwar Pacau optimistis kesejahteraan masyarakat dapat meningkat karena akses semakin mudah mengangkut hasil panen.

"Pengecoran jalan ini tentu sangat membantu kami dalam mengangkut hasil-hasil pertanian masyarakat. Jadi harapan kami, ke depan melalui peningkatan jalan tani ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucap Anwar Pacau.

Pewarta: Amirullah
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023