Jakarta (ANTARA) - Kantor Staf Presiden (KSP), yang menginisiasi turnamen Piala Presiden Esports 2022, menggandeng berbagai pihak, termasuk kementerian terkait untuk mendorong ekosistem esport.

Menurut Deputi II Bidang Pembangunan Manusia KSP Abetnego Tarigan, esport memiliki potensi besar dalam menyumbang prestasi bagi Indonesia.

Oleh karena itu, jejak prestasi esport Indonesia perlu diteruskan agar semakin banyak atlet yang dapat mewakili Indonesia dalam berbagai turnamen, baik dalam maupun luar negeri.

"Dari awal kami melihat jika esports memang memiliki potensi dan sudah punya jejak prestasi, termasuk dalam ajang SEA Games 2021 yang lalu. Piala Presiden Esports 2022 ini merupakan ajang yang dikelola secara profesional dan melibatkan banyak atlet. Kami berharap jika mereka bisa menyumbangkan berbagai prestasi," ujar Abetnego dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Abetnego melihat pembangunan ekosistem esport menjadi sangat penting bagi generasi muda mengingat masyarakat masih ada yang awam akan esport.

Hal itu juga dilakukan untuk memberikan positif kepada publik sekaligus menjadi bukti bahwa esport tidak hanya sekadar main game belaka.

"Kementerian-kementerian yang terkait sangat mendukung kehadiran esports bagi generasi muda. Dengan adanya industri esports yang berkembang, harapannya dapat memberikan pesan-pesan positif kepada publik. Pasalnya publik masih banyak yang menganggap bahwa esports ini hanya menghabiskan waktu untuk bermain game saja," Abetnego.

Wakil Ketua Bidang Atlet dan Prestasi Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Yohannes Siagian menyambut positif langkah KSP untuk membangun ekosistem esport Tanah Air, yang juga sedang dilakukan oleh federasi.

Salah satunya upaya PB ESI adalah dengan menyelenggarakan IESF World Championship 2022 sebagai lanjutan dari ekosistem esport yang sedang mereka kembangkan.

"PBESI sendiri juga turut serta dalam membantu menyebarkan informasi tentang acara Piala Presiden Esports 2022 ini. Kami juga kini sedang mempersiapkan acara lanjutannya, yaitu IESF World Championship 2022. Secara keseluruhan ini merupakan salah satu contoh ekosistem esports yang sedang kami coba kembangkan," ujar Yohannes.

Piala Presiden Esports 2022 sudah menyelesaikan babak kualifikasi. Seluruh tim yang lolos lewat berbagai babak kualifikasi, mulai dari east qualifier, west qualifier, closed qualifier, hingga open qualifier akan bertanding dalam babak main event yang akan berlangsung secara offline pada 11 hingga 13 November 2022 di Istora Senayan, Jakarta.

Di tahun ini Piala Presiden Esports mendapatkan jumlah penonton paling banyak sejak empat tahun penyelenggaraannya. Laman escharts menuliskan, babak closed qualifier berhasil ditonton oleh penonton hingga mencapai 2 juta jam secara keseluruhan.

Sementara itu, secara peak viewers, jumlah penonton pada babak tersebut mencapai lebih dari 274 ribu secara bersamaan. Sedangkan rata-rata penonton sepanjang babak closed qualifier, mencapai kurang lebih 70 ribu penonton.

Jumlah hours watched pada turnamen tahun ini juga meningkat 52 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu. Peningkatan juga terjadi pada peak viewers dan average viewers, yang masing-masing meningkat sebesar 2,3 persen dan 12 persen.

Acara puncak dari Piala Presiden Esports 2022 akan berlangsung secara offline, pada 9 hingga 13 November 2022 di Istora Senayan, Jakarta. Tiket sudah bisa dibeli dengan mengakses link berikut ini.

Selain akses menonton turnamen, tiket juga berlaku untuk AFK Fest yang diadakan selama main event Piala Presiden Esports 2022 berlangsung.


Baca juga: Tiga tim Indonesia siap bertarung di AoV Premier League 2022 Vietnam
Baca juga: Piala Presiden Esports 2022 momentum dorong pertumbuhan ekonomi
Baca juga: Onic Esports juarai MPL Indonesia Season 10

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022