Sesuai dengan MoU yang telah disepakati kedua belah pihak sepakat untuk melanjutkan diskusi jika ada peluang untuk memastikan sejauh mana kegiatan koperasi dapat dilaksanakan di masa depan...
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dan PT Grup Nusantara menyepakati kerja sama pengembangan pabrik gula di kabupaten itu.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Tengah Harun Manzola di Takengon, Kamis mengatakan kedua belah pihak telah menyepakati kerja sama di bidang penyediaan sarana dan prasarana pabrik gula di wilayah Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah.

"Sesuai dengan MoU yang telah disepakati kedua belah pihak sepakat untuk melanjutkan diskusi jika ada peluang untuk memastikan sejauh mana kegiatan koperasi dapat dilaksanakan di masa depan dan berkolaborasi dalam kegiatan di area bisnis yang sama dengan kebutuhan potensi nilai transaksi yang akan dibahas adalah sebesar Rp16 miliar," kata Harun Manzola.

Menurut dia, Pemkab Aceh Tengah sangat terbantu dengan adanya kerja sama tersebut untuk pengembangan produksi gula di wilayah perkebunan tebu di Kecamatan Ketol.

Ia mengatakan wilayah tersebut sejak lama dikenal sebagai sentra perkebunan tebu di Aceh Tengah dengan luas lahan produktif mencapai 3.200 hektare.

Harun Manzola mengatakan kerja sama dengan PT Grup Nusantara juga tidak menghalangi Pemkab setempat untuk menjalin kerja sama serupa dengan investor lain di kemudian hari.

"MoU ini tidak menghalangi salah satu pihak untuk menandatangani suatu dokumen yang serupa dengan pihak lain," katanya.

Baca juga: Aceh Tengah Undang Investor Pabrik Gula

Baca juga: BRIN kembangkan varietas unggul tebu yang mengandung sukrosa tinggi

Baca juga: NFA perluas lahan tebu perkuat industri gula nasional


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022