Jakarta (ANTARA) - Istanbul Basaksehir, Nice, Sivasspor, dan Slovan Bratislava lolos otomatis ke 16 besar Liga Conference Europa untuk menyusul West Ham United, Djurgarden, Villarreal, dan AZ Alkmaar yang sejak pekan lalu sudah memastikan lolos otomatis ke babak itu.

Kecuali Nice, Villarreal, dan Sivasspor, semua tim itu mencatat kemenangan terakhir dalam laga fase grup pamungkas yang berlangsung Jumat dini hari WIB tadi.

Fiorentina, Anderlecht, Lech Poznan, Partizan Belgrade, SC Dnipro, Gent, Cluj, dan FC Basel harus puas sebagai runner up sehingga terpaksa menggenggam tiket playoff 16 besar untuk menghadapi delapan tim urutan ketiga fase grup Liga Europa.

Kedelapan tim lemparan Liga Europa itu adalah Bodo/Glimt, AEK Larnacea, Ludogerets, Braga, Sheriff, Lazio, Qarabag, dan Trabzonspor.

Baca juga: West Ham berambisi catatkan 100 persen kemenangan di Liga Conference
Baca juga: Hasil Liga Conference: West Ham dan Fiorentina ke 16 besar


Berikut rangkuman pertandingan Liga Conference Europa yang berlangsung Jumat dini hari WIB berdasarkan laman ESPN.

Grup A
Istanbul Basaksehir vs Midlothian 3-1

Tiga gol Istanbul dicetak oleh Youssouf Ndayishimiye pada menit 4, Serdar Gürler menit 33 dan Berkay Özcan menit 64, sedangkan satu gol balasan tim tamu dilesakkan Nathaniel Atkinson pada menit 90.

Rigas Futbola Skola 0, Fiorentina 3
Ketiga gol Fiorentina tercipta pada babak pertama dan dicetak oleh Antonín Barak pada menit 7, Arthur Cabral menit 44 dan Riccardo Saponara menit 45+2.

Istanbul Basaksehir menjuarai grup ini dengan mengantongi 13 poin atau sama dengan Fiorentina tapi unggul selisih gol.

Grup B
FCSB 0, West Ham 3

Dua gol dari Pablo Fornals pada menit 40 dan 65 ditambah gol bunuh diri Joyskim Dawa pada menit 56, mengukuhkan West Ham di puncak klasemen dengan poin sempurna, 18.

Silkeborg 0, Anderlecht 2
Dua gol yang dibuat Lior Refaelov dan Benito Raman meloloskan Anderlecht ke playoff setelah kedua tim memiliki kesempatan sama lolos mendampingi West Ham sebelum laga ini mulai

Grup C
Hapoel Be'er 4, Austria Vienna 0

Empat gol tuan rumah tercipta dari Sagiv Yehezkal pada menit 29, Ramzi Safuri menit 33, dan Etey Shechter menit 63, ditambah gol bunuh diri Johannes Handl pada menit 73
Kemenangan ini tak berarti apa-apa karena saat bersamaan Poznan menjungkalkan Villarreal yang sudah memastikan ke 16 besar.

Lech Poznan 3, Villarreal 0
Kristoffer Velde dan Michal Skoras yang masing mencetak satu dan dua gol untuk tuan rumah berjasa menghidupkan peluang Poznan dalam kompetisi Eropa level ketiga ini.

Grup D
Partizan Belgrade 1, Slovacko 1

Keunggulan tuan rumah dari gol penalti Bibras Natcho pada menit 41 disamakan Slovacko melalui gol Michal Tomic pada menit 73.

Cologne 2, Nice 2
Dua gol Nice yang dibuat Gaetan Laborde (40) dan Bilal Brahimi (43), disamakan oleh Denis Huseinbasic (48) dan Ondrej Duda (60).
Hasil ini memastikan Nice menjuarai grup ini dengan 9 poin atau sama dengan Partizan yang kalah selisih gol dan harus puas dengan jatah playoff.

Grup E
Apollon Limassol vs Fc Vaduz 1-0

Gol Valentin Roberge pada menit 31 tak berarti apa karena kedua tim sudah memastikan gagal ke babak berikutnya

AZ Alkmaar 2, SC Dnipro 1
Kedua tim sudah memastikan sebagai juara grup dan runner up sebelum laga ini. Alkmaar mencetak gol dari Jens Odgaard dan Vangelis Pavlidis, sedangkan balasan tim tamu disarangkan Artem Dovbyk

Grup F
Djurgardens 1, Shamrock Rovers 0

Gol Magnus Eriksson pada menit 19 memastikan Djurgardens mencatat kemenangan kelima dan sejak pekan lalu sudah memastikan diri ke 16 besar sebagai juara grup.

KAA Gent 4, Molde 0
Tiket playoff 16 besar akhirnya direbut tuan rumah Gent berkat gol-gol yang dikemas Andrew Hjulsager, Bruno Godeau, Sven Kums dan Hugo Cuypers.

Grup G
Slavia Praha vs Sivasspor 1-1

Gol penalti Max Gradel pada menit 28 disamakan Slavia Praha pada menit ke-65 oleh gol bunuh diri Dimitrios Goutas. Tetapi hasil ini gagal mengantarkan Praha ke babak berikutnya, sebaliknya Sivasspor menjuarai grup ini dengan 11 poin

CFR Cluj 1, Ballkani 0
Gol Bismark Boateng pada menit 17 tidak saja membawa Club mengalahkan Ballkani tetapi juga tiket playoff 16 besar.

Grup H
Zalgiris Vilnius vs Slovan Bratislava 1-2

Dua gol Aleksandar Cavric pada menit 15 dan 23 yang dibalas satu gol oleh Francis Kyeremeh pada menit 47, tak saja memastikan Bratislava mengalahkan tuan rumah Zalgiris, tetapi juga membuat mereka finis sebagai juara grup dengan 11 poin.

Pyunik 1, Basel 2
Tim tamu FC Basel sudah unggul 2-0 sejak menit ke-19 berkat gol Darian Males dan Anton Kade, sebelum tuan rumah memperkecil kekalahan pada menit 71 lewat gol Luka Juricic.
Kemenangan ini membuat Basel juga mengumpulkan 11 poin tetapi karena kalah head to head, terpaksa mendapatkan tiket playoff.

Baca juga: Buntut ricuh Nice vs Cologne, polisi Jerman gerebek sejumlah rumah

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022