harga yang diintervensi oleh pemerintah daerah
Kukar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggelar operasi pasar murah serentak di sepuluh kabupaten dan kota  dalam rangka memperingati Hari Pangan Dunia Tahun 2022.

Kegiatan tersebut digelar pada Senin (7/10/2022) di masing-masing kabupaten/kota dan dipusatkan di Stadion Rondong Demang, Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara yang juga dihadiri oleh Gubernur Kaltim, IIsran Noor.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengatakan kegiatan operasi pasar murah dapat menjadi motivasi bagi pemerintah daerah dan masyarakat dalam upaya menyongsong ketahanan pangan.

"Kegiatan operasi pasar seperti ini yang harus dicermati, tidak hanya memastikan ketersediaan bahan pokok. Tetapi juga daya beli masyarakat dengan kestabilan harga yang diintervensi oleh pemerintah daerah," kata Edi Damansyah saat memberikan sambutan dalam Pembukaan Operasi Pasar Murah di Stadion Rondong Demang Tenggarong, Senin.

Swmentara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor menyampaikan Indonesia seperti juga dengan negara lain di dunia, kini tengah menghadapi ancaman krisis pangan dan energi yang menyebabkan kondisi ekonomi dunia  tidak stabil dan angka inflasi tinggi.

Sehingga pemerintah pusat menginstruksikan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk melakukan upaya pengendalian inflasi daerah.

"Ini signal bagi Kaltim untuk bisa waspada dalam pengelolaan kondisi perekonomian makro. Dengan menjaga angka inflasi agar tetap terkontrol," ungkap Isran.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu Benua Etam ini juga mengimbau agar seluruh jajaran pemerintah daerah bekerja sama dalam pengendalian inflasi. Salah satunya dengan menggelar operasi pasar sesuai kebutuhan kabupaten/kota.

Isran juga menginformasikan, bahwa pemerintah daerah dapat menggunakan dua persen dana transfer pusat untuk program-program pengendalian inflasi.

Sebanyak 750 paket sembako dijual murah seharga Rp 70 ribu dari harga normal Rp 105 ribu dalam gelaran operasi pasar murah di Kota Raja. Paket sembako disalurkan dengan sistem kupon yang didistribusikan oleh camat melalui lurah dan RT di Kecamatan Tenggarong.

Disamping itu, operasi pasar murah di Tenggarong juga dirangkai dengan penyerahan alokasi BLT UMKM Kukar kepada 11.810 UMKM.

Dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada petani, penyerahan alokasi BLT kepada 50 peternak dan paket sembako gratis bagi masyarakat pra sejahtera sebanyak 50 paket.

Pasar murah diisi dengan berbagai stan, displai pangan dan layanan publik dari perangkat daerah, Bulog, Samsat, perbankan, distributor, dan UMKM. Tak kurang dari 50 stan berpartisipasi dalam gelaran pasar murah ini.

Kegiatan Operasi Pasar Murah ini juga didukung oleh Bank Indonesia (BI) Kaltim dan sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Seperti Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltimtara, PT. Migas Mandiri Pratama (MPP), Perusda Melati Bhakti Satya (MBS) dan Perusda Pertambangan Bara Kaltim Sejahtera.
Baca juga: Pemprov Kaltim dukung program desa anti korupsi
Baca juga: Pemprov Kaltim jajaki kerjasama perdagangan dengan Malaysia
Baca juga: Prevalensi stunting di Kaltim turun 5,29 persen

Pewarta: Arumanto
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022