Arah peringatan HKN tahun ini meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan. Temanya adalah Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan mengadopsi filosofi transformasi kupu-kupu dalam upaya bangkit dan pulih bersama dari keterpurukan pandemi COVID-19 melalui momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022.

"Arah peringatan HKN tahun ini meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan. Temanya adalah Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan  Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam konferensi pers HKN ke-58 Tahun 2022 di Jakarta, Selasa.

Menurut dia tema tersebut mengusung pesan semangat untuk kembali bangkit dan pulih dari keterpurukan situasi selama pandemi COVID-19.

"Semangat kita kalau bisa bangkit, maka ekonomi pun meningkat. Hal itu ditandai cakupan vaksinasi yang kian membaik, COVID-19 melandai, pertumbuhan ekonomi membaik. Kita harus bangkit dan pulih kembali," katanya.

Momentum HKN tahun ini juga merefleksikan segala bentuk intervensi pemerintah terhadap layanan kesehatan nasional untuk menghadapi tantangan masalah kesehatan di masa depan.

"Saat ini merupakan momentum yang tepat melakukan perubahan. Karena dengan COVID-19, kami sadari banyak hal yang perlu diubah lebih baik lagi," katanya.

Filosofi kupu-kupu, kata Kunta, merupakan transformasi dari ulat menjadi kupu-kupu yang memiliki bentuk lebih indah, daya jelajah yang lebih luas, serta bergerak lebih cepat berkat bantuan sayap.

Pada HKN ke-58, Kemenkes bertekad mengadopsi filosofi kupu-kupu dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan kepada masyarakat melalui transformasi enam pilar layanan kesehatan.

Mulai dari meningkatkan layanan primer atau dasar dari layanan kuratif ke preventif, peningkatan layanan rumah sakit rujukan pada empat penyakit katastropik (stroke, ginjal, kanker, dan jantung).

Pilar berikutnya, meningkatkan ketahanan kesehatan dengan mendorong pemanfaatan produk farmasi dalam negeri, pembiayaan kesehatan asuransi sosial JKN yang lebih baik, SDM kesehatan terkait mutu dan pemarataan layanan, hingga pemanfaatan teknologi kesehatan.

Rangkaian kegiatan HKN dimulai dengan berziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata dan San Diego Hills pada 2 November 2022, dalam rangka mengenang jasa para mantan menteri kesehatan sekretaris jenderal, direktur jenderal, hingga pejuang gizi di Indonesia.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan menggelar Pameran Pembangunan Kesehatan di ICE BSD, Tangerang pada 3--5 November 2022, dalam rangka memperkenalkan industri kesehatan dalam negeri berikut produk dan program Kemenkes.

"Kami harapkan masyarakat mau menggunakan produk farmasi dalam negeri," katanya.

Kemenkes juga memberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan atas pengabdian, prestasi kerja, inovasi, serta peran aktif dalam keberhasilan pembangunan kesehatan.

Puncak acara digelar pada 12 November 2022 melalui upacara HKN di Lapapanhan Upacara Gedung Kemenkes di Jakarta.

HKN diperingati pada 12 November setiap tahun yang ditandai agenda bersejarah pencanangan Pemberantasan Malaria oleh Presiden Soekarno pada 1962.

Selang dua tahun kemudian, pemerintah melanjutkan pengentasan Malaria dengan penyemprotan menggunakan insektisida.

Dua rangkaian agenda itu menjadi penting untuk diperingati, sebab Malaria pada zaman itu merupakan varian penyakit yang sangat mematikan, demikian  Kunta Wibawa Dasa Nugraha.

Baca juga: Peringati HKN, Kemenkes RI Tekankan Kesamaan Akses Kesehatan

Baca juga: Kementerian Kesehatan membuka pameran alat kesehatan di Tanah Air

Baca juga: Kemenkes mengimbau para lansia rajin berolahraga dan melakukan pemeriksaan kesehatan


Baca juga: Menteri Kesehatan: Pandemi telah menguji status quo sistem kesehatan

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022