masyarakat juga perlu memperhatikan frekuensi buang air kecil
Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan DKI meminta masyarakat untuk memenuhi kecukupan konsumsi air untuk mencegah dehidrasi yang bisa mengganggu fungsi ginjal bahkan bisa mengalami kerusakan.

"Kebutuhan manusia untuk makan minum itu harus tercukupi dengan baik, termasuk kecukupan volume cairan di dalam tubuh," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti di Balai Kota Jakarta, Kamis.

Menurut dia, untuk dewasa kecukupan cairan ideal adalah dua liter dan bayi mencapai 800 mililiter  disesuaikan dengan berat badan.

"Biasanya kalau anak-anak itu ditandai dengan rewel artinya mungkin masih haus atau masih lapar," ucapnya.

Dinkes DKI menyebutkan usia bayi nol hingga enam bulan kebutuhan cairan dari Air Susu Ibu (ASI), kemudian anak usia 7-12 bulan perlu kecukupan cairan 800 mililiter per hari atau setara tiga gelas.

Kemudian, usia satu hingga tiga tahun, kebutuhan cairan mencapai 1.300 mililiter per hari atau setara lima gelas.

Sedangkan usia empat hingga delapan tahun kebutuhan cairan mencapai 1.700 mililiter per hari atau enam gelas per hari.

Adapun cairan dari minuman dapat berasal dari air putih, susu, atau jus buah.

Sementara itu, mengantisipasi gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak, Widyastuti mengimbau selain mencukupi kebutuhan cairan, masyarakat juga perlu memperhatikan frekuensi buang air kecil.

"Begitu seorang anak mengalami pengurangan volume urine, atau frekuensi urine  yang mungkin biasa enam kali, tiba-tiba berkurang, itu harus curiga. Apakah ada suatu masalah dengan sistem saluran kemihnya," katanya.

Sementara itu, terkait kasus gagak ginjal akut progresif atipikal pada anak, Dinkes DKI mencatat sudah tidak ada penambahan kasus sejak 31 Oktober 2022.

Dinkes DKI mencatat hingga 8 November 2022, tercatat mencapai 154 kasus berdasarkan penelusuran rumah sakit di DKI Jakarta.

Ia mencatat sebanyak 100 kasus berdomisili di Jakarta dan sisanya di luar DKI atau dirujuk ke DKI Jakarta di antaranya dari Jawa Barat, Banten dan Jawa Timur.
Baca juga: Warga DKI diminta setop sementara konsumsi obat sirop
Baca juga: Wali Kota Jakpus sidak obat sirop di sejumlah apotek
Baca juga: Pemkot Jakbar pantau apotek guna antisipasi peredaran sirop

 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022