Rescue 920 agar dapat meningkatkan kesiapsiagaan
Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Danang Maharsa menegaskan bahwa pemerintah daerah setempat memberikan dukungan kepada seluruh kelompok relawan yang memiliki visi misi yang sama untuk bekerja demi kemanusiaan.

"Semakin banyak relawan yang tersebar di Kabupaten Sleman maka semakin cepat langkah yang dihasilkan untuk meringankan beban sesama," kata Danang Maharsa saat melantik pengurus kelompok relawan Rescue 920 periode 2022-2025 di Sleman, Minggu.

Pelantikan pengurus kelompok relawan Rescue 920 ini juga sekaligus menjadi peringatan hari jadi ke 9 Rescue 920.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati melantik dengan membacakan ikrar yang diikuti oleh seluruh pengurus baru.

Sebagai tanda pelantikan, Danang Maharsa menyematkan kartu tanda anggota kepada empat perwakilan pengurus baru periode 2022-2025.

Baca juga: BPBD Sleman didukung 49 komunitas relawan bencana
Baca juga: BPBD Sleman dirikan dapur umum untuk relawan bencana angin kencang

Danang berharap, dengan peringatan hari jadi sekaligus pelantikan pengurus baru Rescue 920 ini, masing-masing anggota dapat meningkatkan kekompakan, semangat, kesiapsiagaan dan tekad untuk membantu menjaga keamanan masyarakat.

"Dengan usia Rescue 920 yang ke-9 ini, saya yakin saudara sudah tahu apa kewajiban yang harus dilakukan dalam mengedepankan nilai kemanusiaan. Semoga seluruh anggota dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab serta kedisiplinan," katanya.

Menurut dia, hingga awal November 2022 di Kabupaten Sleman telah terjadi 66 kali kejadian bencana angin kencang, 17 kali kejadian bencana banjir, 52 titik tanah longsor serta enam kejadian bencana banjir lahar hujan.

"Oleh karena itu diimbau Rescue 920 agar dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan koordinasi dengan instansi terkait, terutama dalam antisipasi bencana," katanya.

Baca juga: Yogyakarta bentuk satuan relawan kebakaran di kelurahan

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022