Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) menggencarkan kegiatan patroli udara untuk mendukung kelancaran pengamanan kelancaran acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.  

"Untuk patroli udara, kami siapkan helikopter dari Korps Polairud. Patroli untuk pengamanan G20 di Bali ini kami laksanakan khusus di wilayah Pulau Lombok saja," kata Kepala Bidang Humas Polda NTB Komisaris Besar Polisi Artanto di Mataram, Selasa.

Selain patroli udara, pihaknya yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Puri Agung Tahun 2022 untuk pengamanan KTT G20 di Bali, juga menggencarkan patroli laut.

Penjagaan di setiap pelabuhan maupun dermaga di Pulau Lombok, kata dia, juga masuk dalam atensi pengamanan.

"Jadi, selain menggiatkan patroli laut, personel juga ditugaskan untuk berjaga di pelabuhan, cek seluruh penumpang maupun kendaraan. Kalau ada temuan hal mencurigakan, langsung dilakukan pemeriksaan dan penindakan," ujar dia.

Dalam giat pengamanan KTT G20 di Pulau Lombok, lanjut dia, Kepala Polda NTB Inspektur Jenderal Djoko Poerwanto juga telah memerintahkan seluruh jajaran turut melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD).  

"KRYD ini untuk mencegah potensi gangguan keamanan di tengah masyarakat dengan mengedepankan langkah preemtif dan preventif," ucapnya.

Artanto memastikan dukungan pengamanan Polda NTB ini akan terlaksana hingga Minggu (20/11).

"Sesuai komando dari Bali, giat pengamanan, khususnya di Pulau Lombok sebagai daerah penyangga pelaksanaan KTT G20 di Bali, akan dilaksanakan sampai 20 November 2022," kata Artanto. 

Baca juga: Kapolresta Mataram: Tingkatkan pengamanan untuk kelancaran G20 di Bali

Baca juga: Polda NTT siap amankan kunjungan delegasi G20 ke Labuan Bajo

Baca juga: Anggota DPR apresiasi pengamanan Polri-TNI di KTT G20


 

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022