Kota Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Pemenang Global ajang We Love Cities 2022 yang diselenggarakan World Wide Fund for Nature (WWF) diraih Kota Probolinggo, Jawa Timur yang diumumkan melalui akun Facebook resmi We Love Cities pada Selasa.

Dalam akun tersebut dijelaskan bahwa Kota Probolinggo berhasil mengungguli perolehan poin dari 63 kota yang tersebar di 27 negara yang mengikuti lomba tersebut.

"Selamat untuk kota pemenang dan seluruh warga yang antusias dalam kampanye itu. Selamat untuk Kota Probolinggo sebagai pemenang global," tulis akun We Love Cities.

Baca juga: 4.119 pelaku UMKM Kota Probolinggo terima BTT-BLT dampak kenaikan BBM

Kampanye We Love Cities tahun 2022 berlangsung di 63 kota yang tersebar di 27 negara, sehingga kota-kota itu bersaing untuk mendapatkan cinta warganya, berinteraksi langsung dengan warganya untuk mewujudkan kota berkelanjutan.

"Secara global kami menerima lebih dari 1,29 juta voting untuk semua kota, dan 116 ribu saran serta masukan," katanya.

Baca juga: Suporter Probolinggo nyalakan lilin dan berdoa untuk korban Kanjuruhan
Prestasi yang diraih Kota Probolinggo begitu membanggakan karena mengingat kompetisi itu merupakan ajang internasional yang melibatkan puluhan kota di dunia.

"Sejak terpilih menjadi finalis Indonesia bersama Jakarta dan Balikpapan, Kota Probolinggo telah menyiapkan sejumlah strategi untuk melibatkan seluruh masyarakat dalam kampanye itu," kata Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin di kota setempat.

Baca juga: Wisman kapal pesiar Prancis kunjungi objek wisata Kota Probolinggo

Ia mengatakan, pihaknya melibatkan seluruh perangkat daerah dalam kampanye itu dan tim kampanye pun dibentuk dalam tiap perangkat daerah yang bergerak begitu masif, serta membentuk Tim 100 yang bergerak di wilayah kecamatan.

"Melalui tim tersebut, kami menyosialisasikan program lingkungan hidup Kota Probolinggo dan mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan, baik melalui voting, saran dan masukan, hingga interaksi di media sosial," tuturnya.

Baca juga: Festival Sawah Noasih Probolinggo lestarikan nilai budaya lokal

Menurutnya upaya yang dilakukan Kota Probolinggo tidak sia-sia karena sejak perolehan poin diumumkan di minggu ke-2, Kota Probolinggo selalu konsisten di posisi 5 besar peringkat regional Asia Pasifik hingga akhirnya terpilih menjadi pemenang global ajang We Love Cities 2022.

"Terima kasih yang utama untuk seluruh pihak yang mendukung Kota Probolinggo. Mudah-mudahan tidak menjadi euforia semata, namun kecintaan kita pada Kota Probolinggo harus tampak dari apa yang diperbuat demi menciptakan kota yang nyaman untuk ditinggali," katanya.

Baca juga: 4.153 rumah di Kota Probolinggo nikmati jaringan gas gratis
Baca juga: BPBD Jatim bentuk Satuan Pendidikan Aman Bencana di pesantren

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022