Manado, Sulawesi Utara (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (MenPPPA), Bintang Puspayoga menyatakan bahwa anak-anak merupakan investasi yang paling berharga dan tidak tergantikan bagi pembangunan di sebuah daerah.

“Investasi yang paling berharga bagi daerah adalah sumber daya manusia yang berkualitas, yaitu anak-anak,” kata Menteri Bintang dalam jamuan makan siang Jelang Hari Anak Sedunia 2022 di Manado, Sulawesi Utara, Jumat.

Bintang menuturkan bahwa anak-anak merupakan hal yang tidak ternilai. Anak yang berkualitas menjadi investasi pembangunan yang jauh lebih penting dibandingkan dengan sumber daya alam, seperti tambang, minyak ataupun gas bumi.

Baca juga: Gubernur: Hari Anak Sedunia 2022 momentum tolak kekerasan seksual

Anak menjadi tongkat estafet yang nantinya membawa bangsa Indonesia tumbuh lebih kuat dan lebih berkembang. Oleh karenanya, Bintang menekankan jika setiap hak yang dimiliki anak harus bisa dipenuhi oleh negara.

Menteri Bintang menyebutkan beberapa hak anak, di antaranya adalah hak untuk tumbuh dan berkembang, hak untuk mendapatkan perlindungan dan hak untuk berpartisipasi. Ia menyebut Hari Anak Sedunia 2022 adalah momentum untuk memberdayakan para perempuan Indonesia, khususnya di Sulawesi Utara.

“Pemenuhan hak-hak pada anak itu adalah tanggung jawab kita bersama,” katanya.

Dengan demikian, dalam rangka menyambut Hari Anak Sedunia 2022, Bintang mengajak semua pemerintah daerah untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam menunjang pemenuhan hak anak-anak bangsa.

“Kami tunggu sinergi dan kolaborasi dari pemerintah Sulawesi Utara untuk memajukan, tidak hanya memberikan perlindungan pada anak, tapi juga pemberdayaan pada perempuan yang ada di Sulawesi Utara ini,” ucap Bintang.

Bintang menambahkan puncak acara Hari Anak Sedunia 2022 yang berlangsung di Manado, Sulawesi Utara akan dirayakan oleh seluruh anak Indonesia baik secara luring maupun daring.

Indonesia juga akan kedatangan anak-anak dari 10 negara di ASEAN, dimana perwakilan dari delapan negara hadir secara luring pada hari ini.

Baca juga: Orangtua diajak terapkan "Isi Piringku" untuk penuhi gizi anak

Baca juga: 100 anak di Jambi peringati Hari Dongeng Sedunia 2022 di Danau Sipin


Bintang mengapresiasi Pemerintah Sulawesi Utara, karena di sela kesibukan masing-masing, masih memaksimalkan perannya untuk memenuhi hak tiap anak merayakan hari penting tersebut.

Bintang berharap momentum hari anak tersebut benar-benar dimaknai sebagai waktu untuk memperkuat perlindungan pada anak oleh setiap pihak dalam masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih sudah menghadiri dan bergabung memfasilitasi acara Hari Anak Sedunia 2022, khususnya hari ini, kita bisa makan siang bersama,” katanya.

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022