Karawang (ANTARA) - Komisi X DPR RI memotivasi pengembangan ekonomi kreatif (ekraf) di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, salah satunya melalui seni musik dan pertunjukan.

"Pada masa pemulihan ekonomi ini, untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif didorong agar pemerintah daerah melakukan berbagai program yang menunjang pengembangan ekraf," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi berkunjung ke Karawang, Jumat.

Baca juga: Rapat Paripurna setujui delapan RUU Provinsi jadi usul inisiatif DPR

Ia menyampaikan, pihaknya melakukan kunjungan kerja spesifik ke beberapa daerah, di antaranya ke Karawang, Cirebon dan Tegal. Tujuannya untuk pengembangan ekonomi kreatif.

"Kebetulan rombongan Komisi X yang hadir di Karawang hampir seluruhnya. Ini membuktikan bahwa kami serius memperhatikan pengembangan ekraf dan memberikan sumbang saran untuk potensi potensi ekraf yang belum tergali di Karawang," kata Dede Yusuf.

Dikatakanya, dari paparan data pihak Disparbud yang menempatkan seni musik serta pertunjukan sebagai penghasil pelaku ekraf tertinggi di Karawang, maka seharusnya Karawang layak menjadi daerah seni pertunjukan.

"Kalau berbicara Bandung, sekarang sudah bergeser menjadi kota kuliner dan fashion. Cirebon sudah identik dengan pesona sejarah. Karawang kami yakin bisa menampilkan pesona sebagai Kota Seni Pertunjukan," katanya.

Ia menjelaskan, Komisi X DPR RI adalah salah satu dari sebelas Komisi DPR RI dengan ruang lingkup tugas di Bidang pendidikan, riset, olahraga, dan kepariwisataan. 

Baca juga: Pimpinan DPR apresiasi Pemerintah sukses selenggarakan G20
Baca juga: Anggota DPR minta Kapolri antisipasi pergeseran gerakan terorisme
Baca juga: Anggota DPR apresiasi TNI, BIN, BSSN atas pengamanan KTT G20

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022