Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani mengapresiasi TNI, Badan Intelijen Negara (BIN), dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atas kerja sama dalam pengamanan KTT G20 di Bali pada 15-16 November hingga berjalan lancar.

"Apresiasi kepada panglima TNI, kepala BIN, kepala BSSN yang dalam kerja sama mereka dengan stakeholder kepolisian dan pihak lain tentu pantas kita berikan. Pengamanan KTT G20 Bali sangat berhasil, tidak ada gangguan keamanan. Ini prestasi luar biasa," kata Christina dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Pengamanan KTT G20, lanjut Christina, telah dilakukan dengan maksimal dan persiapan sangat baik sehingga membuahkan hasil yang baik pula. Menurut dia, TNI sudah memiliki cukup pengalaman dalam menangani event berkelas internasional.

"Bekal pengalaman selama ini, kami tidak ragu dengan kemampuan TNI kita. Mereka memberikan yang terbaik dan masyarakat Indonesia pantas bangga kita baru saja melewatkan sebuah perhelatan besar dengan sangat baik," jelasnya.

Baca juga: Pimpinan BKSAP DPR apresiasi Pemerintah gelar KTT G20

Dia juga mengapresiasi keseluruhan penyelenggaraan KTT G20 yang mampu menghasilkan leaders' declaration atau komunike yang disepakati bersama oleh para kepala negara G20.

"Kita bisa melewati KTT ini dengan baik, apalagi mampu menghasilkan komunike. Ini prestasi luar biasa, membuktikan Indonesia punya kemampuan diplomasi yang sangat baik, yang telah teruji di perhelatan ini," kata Christina.

Seperti diketahui, Indonesia telah sukses menyelenggarakan KTT G20 di Bali. KTT G20 berhasil mengesahkan pernyataan para pemimpin atau leaders’ declaration yang berisi 52 paragraf melingkupi tiga isu prioritas Presidensi Indonesia.

Presidensi G20 Indonesia mengangkat tema Recover Together, Recover Stronger dengan tiga isu prioritas, yakni arsitektur kesehatan, transisi energi berkelanjutan, dan transformasi digital. Indonesia telah menjadi Presidensi G20 setelah menerima dari Troika Italia pada 2021.

Baca juga: Menhub apresiasi pengaturan penerbangan di KTT G20 berjalan lancar
Baca juga: Deklarasi Bali tunjukkan komitmen G20 pada transformasi digital

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022