Saat ini kami sedang berupaya menjadikan 123 ribu hektare lahan kritis menjadi lahan produktif
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung menggandeng PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk menghijaukan kembali 123 ribu hektare lahan kritis bekas penambangan bijih timah di daerah itu.

"Saat ini kami sedang berupaya menjadikan 123 ribu hektare lahan kritis menjadi lahan produktif," kata Penjabat Gubernur Kepulauan bangka Belitung (Babel) Ridwan Djamaluddin saat serah terima Kebun Percontohan dan Pembibitan PT Pupuk Indonesia (Persero) di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan kerja sama dengan PT Pupuk Indonesia tentunya sangat penting bagi pemerintah provinsi dalam mengembangkan tanaman pangan di lahan kritis bekas penambangan bijih timah, sehingga pemerintah daerah dapat mengendali inflasi dari sektor pangan.

"PT Pupuk Indonesia ini tidak hanya memberikan bantuan, tetapi juga akan melatih kelompok-kelompok petani dalam mengelola lahan kritis menjadi lahan produktif," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan kali ini sangat bagus karena dapat menjadi contoh bagi masyarakat untuk kembali produktif dalam bidang pertanian dan diharapkan dapat berkontribusi dalam mengendalikan inflasi dengan mengurangi pasokan pangan dari luar daerah.

Baca juga: Mengendalikan inflasi dari lahan bekas tambang di Babel

"Pemanfaatan lahan kritis tidak hanya akan meningkatkan produksi pangan, tetapi juga akan membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas kepada masyarakat serta mempercepat terwujudnya program sejuta petani milenial," katanya.

Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia (Persero) Gusrizal mengatakan siap membantu, mendidik, dan melatih, petani di Provinsi Kepulauan Babel.

"Kami siap membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan ketahanan pangan masyarakat daerah ini," katanya.

Ia memastikan stok dan pasokan pupuk cukup dan berjalan lancar. Apalagi saat ini stok pupuk banyak dalam menghadapi musim tanam tahun ini.

"Kami membantu pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan," katanya. 

Baca juga: Pupuk Indonesia resmikan kebun pangan percontohan di Bangka Belitung
Baca juga: Pupuk Indonesia bantu PKK Babel 1 ton Phonska, tingkatkan hasil kebun

Pewarta: Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022