Diharapkan air bisa mengalir lancar selesai pengurasan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menguras saluran air sepanjang 200 meter dengan kedalaman 1,5 meter di Jalan Raya dari arah Pondok Indah menuju Pasar Minggu, untuk mencegah genangan saat hujan di daerah itu.

Kepala Satuan Pelayanan Suku Dinas Sumber Daya Air (Kasatpel Sudin SDA) Kecamatan Cilandak Yansori dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, menuturkan upaya itu dilakukan agar air mengalir dengan lancar melalui saluran tersebut.

"Kegiatan itu juga salah satu normalisasi karena sedimen lumpurnya sudah sangat padat," katanya.

Ia menyebutkan, pengurasan pada saluran yang lebar dan tinggi masing-masing dua meter tersebut dilaksanakan mulai 30 November 2022.

Baca juga: SDA Jaksel perbaiki saluran air rusak di Kebayoran Baru

Total panjang saluran air yang dikuras mencapai 200 meter dengan kedalaman 1,5 meter.

Yansori menambahkan, untuk pengerjaan saluran pada sisi kiri jalan raya dari arah Pondok Indah menuju Pasar Minggu ini dilakukan secara manual oleh delapan personel SDA Kecamatan Cilandak.

Para personel menggunakan peralatan cangkul untuk mengangkut sedimen lumpur ke karung.

Harapan Yansori, pengurasan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Baca juga: Pemkot Jaksel kuras lumpur di Setiabudi untuk cegah banjir

"Diharapkan air bisa mengalir lancar selesai pengurasan dan saat hujan ketinggian genangan di jalan dapat diminimalisir," katanya. 

Saluran air yang dikuras yakni di Jalan RA Kartini, Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak oleh petugas dari Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Selatan (Sudin SDA Jaksel).

Sebelumnya, Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin menginstruksikan jajarannya untuk mengidentifikasi wilayah tergenang dalam penanganan banjir di seluruh lokasi.

"Identifikasi, pada penanganannya baik jangka cepat dan panjang. Harus diselesaikan secara berkolaborasi, baik elemen masyarakat atau Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sudin, kelurahan dan kecamatan," kata Munjirin.

Baca juga: Pemkot Jaksel perbaiki saluran ambruk di Kebayoran Lama

Munjirin meneruskan apa yang disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada pertemuan seluruh pimpinan yakni harus adanya imbauan ke masyarakat terkait lokasi genangan.

Munjirin menuturkan, lokasi genangan yang sudah bisa dipetakan antara lain Kemang, Bangka dan Kemang Utara.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022