Penajam (ANTARA) -
Wakil Menteri Pertanian atau Wamentan Harvick Hasnul Qolbi menyebutkan ketersediaan pangan menjadi sektor dasar dalam membangun Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia baru bernama Nusantara.
 
Pertanian merupakan sektor paling dasar menurut Harvick Hasnul Qolbi di Penajam, Senin, untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduk IKN Nusantara yang diperkirakan mencapai 1,9 juta jiwa.

Kementerian Pertanian (Kementan) bakal segera memberdayakan potensi sektor pertanian di daerah penyangga IKN Indonesia baru, salah satunya Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Pemberdayaan tersebut dilakukan dengan menjalankan berbagai program pertanian yang tepat sasaran di Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai daerah asal IKN Nusantara.
 
Wamentan Harvick Hasnul Qolbi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Penajam Paser Utara untuk memastikan pemenuhan kebutuhan pangan IKN Indonesia baru.

Selain meninjau titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Wamentan juga melakukan peninjauan lahan pertanian hortikultura dan berdialog dengan sejumlah kelompok tani Desa Giripurwa, Kecamatan Penajam.
 
Dengan berdialog dialog dan ada aspirasi dari petani, peternak serta pekebun, jelas Harvick Hasnul Qolbi, agar pemberdayaan potensi pertanian bisa segera dilaksanakan secara sistematis.

Kementerian Pertanian bakal memberikan bantuan berupa Alsintan (alat dan mesin pertanian), serta perlengkapan lainnya dan kredit usaha rakyat yang rencana disalurkan pada 2023.
 
Daerah (kabupaten/kota) penyangga IKN Indonesia baru lainnya, kata Wamentan, yang memiliki potensi pertanian juga akan segera diberdayakan.
 
Pelaksana tugas Bupati Penajam Paser Utara Hamdam Pongrewa mengharapkan sektor pertanian di daerah berjuluk Benuo Taka Itu dapat menjaga ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan nasional,
 
"Kami berharap pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara dapat menjaga ketahanan pangan daerah dan nasional, terutama memenuhi kebutuhan pangan IKN Nusantara," ujarnya.

Baca juga: Kesempatan emas Kalteng menjadi pemasok pangan IKN

Baca juga: Bulog Kaltimra siapkan gudang pangan dalam rangka pembangunan IKN

Pewarta: Novi Abdi/Bagus Purwa
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022