Jakarta (ANTARA) - Presiden Mozambik Filipe Nyusi meresmikan lini produksi baru untuk proyek pasir berat investasi Ding Sheng Minerals China yang dapat meningkatkan produksi lebih dari 1,8 juta ton produk bijih titanium dan zirkonium per tahun.

Pada acara peluncuran tersebut, Nyusi melihat sampel-sampel pasir mineral yang dipamerkan dan mengunjungi fasilitas produksi di salah satu lokasi penambangan yang terletak di Chibuto.

Nyusi mengucapkan selamat atas keberhasilan pengoperasian proyek dan mengatakan bahwa langkah-langkah yang diambil oleh perusahaan untuk melindungi lingkungan di area pertambangan serta memberikan manfaat bagi masyarakat setempat patut dihargai.

Ia merujuk pada fasilitas yang dibangun perusahaan tersebut berupa rumah-rumah permukiman dan pusat pengolahan air yang bisa menyediakan air bersih bagi 200.000 warga.

"Kami yakin karena besarnya usaha ini, kawasan Chibuto akan menjadi pusat pembangunan dengan infrastruktur yang akan dikembangkan untuk kegiatan ekonomi lainnya dalam rantai operasi dan logistik proyek pasir berat," sebut sang presiden.

Seraya mengucapkan terima kasih kepada China karena membawa investasi ke negaranya, Nyusi mengatakan bahwa proyek tersebut menciptakan sekitar 3.000 pekerjaan untuk penduduk Mozambik dan para pekerja asing selama proses konstruksi.

Sang presiden menyoroti proyek Chibuto ini akan berkontribusi pada kas negara dan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB), apalagi Mozambik juga memiliki sumber daya mineral yang kaya dan beragam serta bersama dengan proyek lain di sektor ekstraktif.

"Kami bekerja sama dengan pemerintah China untuk melihat apakah kami dapat memobilisasi lebih banyak investor untuk kawasan Chibuto, yang ke depannya akan menjadi sebuah pusat industri unggulan," kata Nyusi.

Dalam pidatonya pada upacara tersebut, Duta Besar (Dubes) China untuk Mozambik Wang Hejun mengatakan bahwa proyek tersebut akan kian meningkatkan pemanfaatan sumber daya lokal yang efektif, serta mengubah kekayaan sumber daya yang unggul menjadi kekuatan pendorong bagi pertumbuhan ekonomi.

"Saya percaya bahwa di bawah kepemimpinan kepala negara kita dan melalui upaya bersama pemerintah dan rakyat kita, kerja sama praktis antara China dan Mozambik di berbagai bidang pasti akan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pembangunan ekonomi dan sosial kedua negara serta peningkatan kesejahteraan masyarakat secara terus-menerus," kata dubes.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022