Jakarta (ANTARA) - PT Yamaha Musik Indonesia Distributor (YMID) memperkenalkan lini produk "Yamaha Unified Communications" berupa perangkat elektronika dan sistem distribusi suara guna menunjang kebutuhan pertemuan, presentasi dan konferensi, baik secara luring maupun daring.

"Tingginya minat akan produk Yamaha Unified Communications di Pasar Global termasuk pasar Indonesia memantapkan langkah PT Yamaha Musik Indonesia Distributor untuk memulai perkenalan jajaran produk-produk dalam kategori tersebut," tulis Yamaha Musik dalam siaran resmi pada Kamis.

Baca juga: Yamaha motor dan musik gelar kompetisi pembuatan jingle NMax

Yamaha menyebutkan, pertimbangan utama dalam merancang perangkat suara dan komunikasi bukanlah kemudahan proses pembuatan, melainkan kualitas suara terbaik, mudah digunakan, dan ketahanan produk.

Terdapat dua jenis produk yang diperkenalkan untuk pasar indonesia, yaitu solusi “Plug and Play" yang terdiri dari tiga model speakerphone YVC-200, YVC-330, dan YVC-1000. Kedua adalah perangkat "Installed" ADECIA yang meliputi Processor Konferensi (RM-CR), Ceiling Array Microphone (RM-CG), Table Top Array Microphone (RM-TT).

"Semua komponen dalam solusi ADECIA merupakan produk yang mensupport suplai daya melalui PoE+(Power over Ethernet) dan compatible dengan protokol Dante Audio Networking. YVC-1000 dan solusi ADECIA telah mendapatkan sertifikasi dari Microsoft Teams," kata Yamaha Musik.

Baca juga: YMMI bersama YMID kembali gelar "N-MAX Jingel Competition"

“PLUG AND PLAY”

YVC-200

YVC-200 merupakan model paling ringkas yang dibuat untuk kebutuhan meeting personal dan dapat digunakan hingga tiga orang peserta dalam satu ruangan meeting.

Kualitas audio dari YVC-200 memungkinkan komunikasi jarak jauh yang natural karena memiliki baterai internal, ukurannya ringkas, dan dapat ditempatkan di dalam tas.

Fitur yang ditawarkan meliputi, DSP berkualitas profesional dari Yamaha, Audio super wideband (Fs 32 kHz), jangkauan penangkapan mikrofon 360 derajat dan radius maksimum 2 m (6,6 kaki), volume loudspeaker maksimum 88 dB, koneksi USB, Bluetooth/NFC, baterai dapat diisi ulang untuk penggunaan hingga 10 jam, output headset, hingga tombol sensor sentuh.

YVC-330

YVC-330 adalah speakerphone USB & Bluetooth untuk ruang kerja terbuka dan ruang konferensi berukuran kecil hingga sedang. Dengan mode SoundCap, Anda dapat mengubah ruang konferensi yang tenang, ruang kerja terbuka yang bising, dan area kantor manapun menjadi tempat melakukan komunikasi jarak jauh yang nyaman.

Teknologi SoundCap membuat percakapan menjadi nyaman di segala kondisi lingkungan. Desainnya yang ringkas, ringan, daya yang disuplai oleh USB menghadirkan portabilitas ke tempat kerja.

Unit itu dilengkapi tiga mikrofon unidirectional berperforma tinggi yang otomatis melacak arah datangnya suara, loudness maksimum 91 dB, rentang frekuensi 190 - 20.000 Hz, dan bisa terkoneksi dengan USB, Bluetooth, NFC dan audio in/out tanpa memerlukan driver.

Baca juga: Empat anak muda raih beasiswa Yamaha Musik Indonesia

YVC 1000

YVC-1000 terdiri dari unit mikrofon dan speaker terpisah sehingga audio dan video dapat diintegrasikan tanpa hambatan untuk komunikasi jarak jauh yang nyaman dan natural.

Unit speaker full range berperforma tinggi dapat ditempatkan dekat dengan layar sehingga audio dan video dari far end menyatu secara natural, sedangkan adaptive echo canceller dan teknologi pemrosesan suara Yamaha lainnya mendukung percakapan yang bebas masalah.

YVC 1000 menawarkan teknologi suara dengan adaptive echo canceller dan Human Voice Activity Detection (HVAD) dengan koneksi USB, bluetooth atau NFC.

"INSTALASI" ADECIA

RM-CG Mikrofon Ceiling Array

RM-CG Ceiling Array merupakan mikrofon dengan teknologi pemrosesan sinyal audio unik yang kompatibel dengan Dante Audio Networking. Fitur "Multi-beam tracking" dapat memindai suara manusia dan melacak pembicaraan simultan yang menghasilkan suasana percakapan yang hidup hingga 4 beam.

Teknologi DSP menjadikan hasil suara sangat jelas untuk para pendengar. Wiring yang merepotkan dapat diminimalkan karena hanya memerlukan satu koneksi kabel jaringan untuk suplai daya PoE+, kontrol dan konektivitas audio.

RM-TT Mikrofon Array Table Top

Mikrofon array table top kompatibel dengan Dante Audio Networking. Saat menggunakan auto-voice tracking, RM-CR secara otomatis memilih mikrofon yang paling dekat dengan pembicara, sehingga memungkinkan penataan ruangan dan penempatan mic untuk peserta rapat/konferensi secara fleksibel.

Terdapat enam jenis directivity yang bisa dipilih sesuai format pertemuan dan jumlah peserta melalui Web UI. Mic ini juga memakai satu koneksi kabel jaringan dengan suplai daya PoE+.

RM-CR Prosesor

Terakhir adalah RM-CR Prosesor untuk konferensi jarak jauh yang mampu memproses sinyal inti ADECIA. Perangkat ini juga kompatibel dengan Dante Audio Networking dengan kemampuan untuk melacak semua perangkat kemudian dihubungkan ke dalam satu jaringan secara otomatis untuk kebutuhan routing audio.

RM-CR Prosesor dilengkapi fungsi Auto Tuning yang secara otomatis mengukur dan memberikan pengaturan suara optimal sesuai kondisi ruangan. Terdapat juga fitur Auto Mixer yang secara otomatis melakukan mixing audio semua mikrofon yang terhubung, dan terkoneksi Input/Output seperti USB, VoIP, analog, dan Bluetooth.



Baca juga: Kompetisi jingle Lexi, gabungkan kreativitas musik dan otomotif

Baca juga: Melestarikan musik Sasando sebagai warisan budaya unik dari NTT

Baca juga: Konser budaya "Nada Nusantara" kampanyekan alat musik tradisi

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022