Jakarta (ANTARA) - Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Geriatric Psychiatry menunjukkan bahwa menyanyi dan memainkan alat musik, khususnya piano, dikaitkan dengan peningkatan memori dan fungsi eksekutif otak.

Dikutip laman Medical Daily, Selasa, terlibat dalam musik membantu seseorang mengatasi stres, kecemasan, dan tekanan darah serta dapat meningkatkan kualitas tidur, suasana hati, dan kewaspadaan mental.

Para peneliti di balik penelitian berskala besar juga mengatakan bahwa paparan musik seumur hidup dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak seseorang di usia tua.

Baca juga: Studi: menulis dengan tangan dapat tingkatkan konektivitas otak

"Menjaga otak tetap aktif selama hidup telah dikaitkan dengan peningkatan cadangan kognitif, sehingga mengurangi risiko kerusakan kognitif di usia tua. Penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi hubungan potensial antara musikalitas dan kognisi,” tulis para peneliti.

Penelitian ini merupakan bagian dari Protect , sebuah kelompok studi online di Inggris yang meneliti bagaimana otak yang sehat menua dan mengapa orang terkena demensia. Untuk penelitian saat ini, para ahli meneliti lebih dari seribu orang dewasa yang berusia di atas 40 tahun untuk memperkirakan manfaat kesehatan otak dari memainkan alat musik dan bernyanyi dalam paduan suara.

Manfaat menyanyi bagi kesehatan otak juga bisa disebabkan oleh faktor sosial menjadi bagian dari paduan suara atau kelompok, kata para peneliti.

Baca juga: Enam makanan kaya nutrisi untuk kesehatan otak

“Secara keseluruhan, kami berpendapat bahwa bermusik dapat memberikan manfaat bagi kesehatan otak, menjadi cara untuk memanfaatkan ketangkasan dan ketahanan otak, yang dikenal sebagai cadangan kognitif," kata profesor penelitian demensia di Universitas Exeter Anne Corbett, dalam siaran persnya.

Corbett menambahkan meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki hubungan ini, temuan ini menunjukkan bahwa mempromosikan pendidikan musik akan menjadi bagian berharga dari inisiatif kesehatan masyarakat untuk mempromosikan gaya hidup yang melindungi kesehatan otak, seperti halnya mendorong orang lanjut usia untuk kembali ke musik di kemudian hari.

Kegiatan grup musik bagi penderita demensia merupakan bukti besar dan pendekatan ini dapat diperluas sebagai bagian dari paket penuaan yang sehat bagi orang lanjut usia agar mereka dapat secara proaktif mengurangi risiko dan meningkatkan kesehatan otak.

Baca juga: Stimulasi pada empat area bermanfaat untuk kesehatan otak

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024