Ini merupakan bentuk nyata dari implementasi manajemen risiko sesuai best practice yang dilaksanakan oleh manajemen dan karyawan PT PII
Jakarta (ANTARA) - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) meraih tiga penghargaan sekaligus dalam ajang ASEAN Risk Award 2022 yaitu sebagai juara pertama Risk Champion Category 1, Runner up GRC Award Category 1 dan Risk Educator.

Asean Risk Awards yang merupakan ajang berskala internasional dan diselenggarakan oleh Enterprise Risk Management Academy (ERMA) dari Singapura tersebut mengusung tema The Age of Resilience untuk tahun ini.

“Ini merupakan bentuk nyata dari implementasi manajemen risiko sesuai best practice yang dilaksanakan oleh manajemen dan karyawan PT PII,” kata Direktur Bisnis PT PII Andre Permana di Jakarta, Jumat.

Ajang ini diikuti oleh perusahaan di ASEAN yang menerapkan manajemen risiko dengan berbagai ukuran bisnis, jenis industri, maupun negara asal serta mempunyai semangat dalam meningkatkan model pengelolaan risiko terbaik.

Kegiatan Asean Risk Awards itu pun melibatkan profesional dari berbagai negara yang memiliki latar belakang di bidang manajemen risiko, auditor, bisnis dan hubungan internasional sebagai juri Award.

Andre menjelaskan perusahaan senantiasa mendorong pengelolaan risiko sektor publik utamanya untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur yang memberikan manfaat besar untuk masyarakat.

Hal itu sesuai dengan nature bisnis PT PII sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI yang mendapat mandat pemerintah untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur melalui skema inovatif financing.

Oleh sebab itu, pencapaian ini akan mendukung penguatan aspek bisnis PT PII pada 2023 dalam mendukung pembangunan infrastruktur berskala kecil melalui creative financing sekaligus melakukan enhancement dan diversifikasi bisnis penjaminan di luar infrastruktur.

Pencapaian ini pun akan menjadi landasan bagi PT PII untuk semakin berkomitmen dalam mengimplementasikan manajemen risiko menyeluruh serta mengintegrasikan tata kelola yang baik, manajemen risiko dan kepatuhan.

“Itu menjadi tantangan bagi kami sebagai guarantee institution untuk terus mendapat trust,” ujar Andre.

Baca juga: Sri Mulyani tetapkan kembali Wahid Sutopo jadi Dirut PII

Baca juga: PUPR - PII berkolaborasi upayakan alternatif pembiayaan infrastruktur

Baca juga: PT PII, Bappenas, USAID kolaborasi dorong pemda bangun infrastruktur

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022