Jakarta (ANTARA) - Produsen pesawat terkemuka China, Aviation Industry Corporation of China (AVIC), berhasil  menyelesaikan misi uji terbang pertama  pototipe pesawat pemadam kebakaran AG600M ketiga pada Jumat di Zhuhai, Provinsi Guangdong, China selatan. 

Selama penerbangan berdurasi 13 menit tersebut, pesawat itu melakukan serangkaian uji terbang yang direncanakan. Pesawat tersebut menunjukkan performa yang baik, dan seluruh sistemnya beroperasi dengan stabil, kata AVIC.

Dengan nama sandi Kunlong, atau naga air dalam bahasa Mandarin, AG600 merupakan wahana penerbangan penting untuk sistem penyelamatan darurat China. AG600 memainkan peran dalam menangani pemadaman kebakaran hutan, pencarian dan penyelamatan maritim, serta misi penyelamatan darurat krusial lainnya.

AG600M dirancang khusus untuk memadamkan kebakaran hutan. Berat lepas landas maksimumnya mencapai 60 ton, dengan kapasitas angkut air hingga 12 ton dan jangkauan terbang mencapai 4.500 kilometer.

Pesawat tersebut dapat melakukan penerbangan di ketinggian rendah pada kecepatan rendah, memungkinkannya menjatuhkan air lebih akurat di atas lokasi kebakaran.






 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022