Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berhasil mempertahankan sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 yang dikeluarkan oleh Worldwide Quality Assurance (WQA), sebuah badan sertifikasi internasional berbasis di Inggris.

"Alhamdulillah, Baznas RI konsisten meraih sertifikat manajemen mutu setiap tahun. Hal ini menandakan Baznas RI serius mengontrol dan mengawasi kegiatan maupun tugas di internal Baznas agar semakin optimal," ujar Wakil Ketua Baznas RI Mo Mahdum di Jakarta, Rabu.

Mahdum mengatakan sebagai koordinator sekaligus operator pengelolaan zakat nasional, Baznas selalu berupaya menyempurnakan sistem sesuai standar ISO 9001:2015, demi pengelolaan zakat dapat berjalan efektif dan efisien.

Menurut dia, capaian tersebut menjadi pelecut semangat Baznas agar terus berdedikasi demi mencapai tujuan bersama, yakni menyejahterakan umat. Selain itu, penghargaan ini sekaligus menunjukkan manajemen Baznas yang berjalan telah memenuhi persyaratan yang berlaku.

"Serta menjadi penyempurna Baznas dalam mengelola zakat, infak, dan sedekah (ZIS), dengan menerapkan sistem manajemen mutu berstandar Internasional di seluruh unit kerja Baznas," kata dia.

Sementara itu, Auditor Badan Sertifikasi WQA Muhammad Indra Gunawan menyebut prestasi beruntun Baznas merupakan bentuk keseriusan manajemen Baznas dalam menjalankan roda lembaga secara baik.

"Ini menunjukkan komitmen semua persyaratan ISO dalam rangka melayani kepuasan pelanggan. Dengan visi Baznas menjadi lembaga utama menyejahterakan umat, akan meningkatkan pelayanan sekaligus menjadi profesional, akuntabel, dan transparan," ujarnya.

Baznas memperoleh sertifikat ISO pertama yaitu ISO 9001 : 2008 pada 2011, kemudian pada 2012 hingga 2016 mempertahankan sertifikat ISO 9001 :2008.

Lalu pada 2017 hingga tahun ini memperoleh dan mempertahankan sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 yakni sertifikat versi terbaru.

Baca juga: Baznas pastikan produk UKM binaan sudah mendapat sertifikasi halal
Baca juga: Baznas tegaskan akan tindak tegas setiap penyelewengan dana zakat
Baca juga: Wapres salurkan bantuan microfinance Baznas untuk Masjid Agung Biak

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022