Jakarta (ANTARA) - SWA dan NBO Indonesia tahun ini menyelenggarakan "Indonesia Best Companies in Creating Leaders from Within 2022", sebagai ajang penilaian perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam program mencetak pemimpin bisnis dari dalam perusahaan.

"Dalam kompetisi ini, proses penjurian dilakukan secara virtual. Perusahaan - perusahaan finalis diundang mempresentasikan program Creating Leaders from Within yang dilakukan masing-masing perusahaan via Zoom Meeting di hadapan Dewan Juri pada tanggal 25, 26, dan 27 Oktober 2022. Dewan juri percaya bahwa perusahaan akan terkelola dengan baik dan sustain jika mampu menciptakan kader pemimpin dari dalam," kata Kemal E. Gani Group Chief SWA Media dalam keterangan pers pada Jumat.

Dewan juri memberikan penilaian berdasarkan lima parameter yang telah ditetapkan, yaitu Corporate strategy and HC blueprint, Leadership development program, framework and strategy, Implementation and innovation of LDP, Result: Leaders born from within & succession readiness, dan Business impact.

Baca juga: Transformasi digital kunci bertahan selama pandemi COVID-19

Ada sekitar 20 perusahaan yang masuk deretan bintang dari dalam berdasarkan penilaian dewan juri. Dari sektor keuangan, misalnya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank CIMB Niaga Tbk., PT Federal International Finance (FIFGROUP), dan PT Pegadaian. Lalu, di sektor energi dan penunjang energi, ada nama-nama top seperti PT PLN (Persero), Mubadala Energy Indonesia, PT Badak NGL, PT Elnusa Tbk., dan PT PLN Indonesia Power. Tak ketinggalan, PT PP (Persero) Tbk, TechConnect, PT Astra International Tbk. - Toyota Sales Operation, PT Citilink Indonesia, PT Bumi Jasa Utama (Kalla Transport & Logistics), PT Amartha Mikro Fintek, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk., PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk., dan PT Indesso.

Setelah penjurian dan menemukan pemenangnya, SWA, NBO Indonesia dan SWA Network menggelar Hybrid Event Conference & Awarding: Indonesia Best Companies in Creating Leaders From Within Award 2022 dengan tema "Creating Agile Leaders for Sustainable Business" pada Kamis, 15 Desember 2022 di Hotel Shangri-La Jakarta.

Gelaran tahun ke-8 ini menghadirkan pembicara utama Candice Smit, Global Manager: Customer Enablement Thomas United Kingdom dan Ronny Supardi, Head of Indonesia Talent and Learning Solutions LinkedIn.

Acara ini semakin menarik dengan diskusi ‘Leadership Trend and Outlook 2023’ dengan tiga pembicara yang kompeten di bidangnya. Ada Susanna Hartawan, Managing Director NBO Indonesia & Thomas International ID, lalu Zuriaty Silitonga selaku Human Capital and General Services Division Head Astra InternationalToyota Sales Operation, Arief Setiawan selaku Deputy VP HR Operations of TechConnect, Solihin Hakiekie selaku Head of OD, Talent, & Performance Mangement CIMB Niaga serta Dhian Nurvita Halim, CPC - Head of HC Learning and People Development PT Federal International Finance. Diskusi tersebut dipandu oleh moderator Puteri Guenantine, Talent Solutions Director Thomas International ID.

Menurut Susanna Hartawan, Managing Director NBO Indonesia, kompetisi Best Companies in Creating Leaders from Within 2022 sangat seru. “Skor antara satu perusahaan dan yang lain sangat berdekatan. Banyak perusahaan yang naik kelas setelah beberapa tahun mengikuti kompetisi ini,” kata dia menegaskan.

Sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini, "Creating Agile Leaders for Sustainable Business", peserta mampu menunjukkan keberhasilan mereka secara nyata. Ini dilihat baik dari segi strategi maupun proven records bagaimana mencetak leaders yang agile dari dalam perusahaan.

Baca juga: SWA berikan penghargaan kepada merek asli Indonesia di IOB 2022

Baca juga: Praktisi ungkap pentingnya "brand guardian" di tengah potensi resesi

Baca juga: SWA rilis perusahaan publik pencetak cuan tertinggi bagi investor

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022