Purwokerto (ANTARA) - Perum LKBN ANTARA Biro Jawa Tengah menggelar pelatihan jurnalistik bagi pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, dalam rangkaian peringatan HUT Ke-85 perusahaan.

Pelatihan jurnalistik bertema "Literasi Untuk Negeri" itu digelar di Gedung Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Minggu, berbarengan dengan kegiatan "Student Fest" yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Dalam sambutannya, Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Jateng Teguh Imam Wibowo mengatakan pelatihan tersebut ditujukan untuk menambah wawasan bagi pelajar terkait dengan dunia jurnalistik.

"Khususnya tentang bagaimana cara menulis berita dan membuat foto sesuai dengan kaidah jurnalistik," katanya.

Baca juga: Kantor Berita Antara beri pelatihan jurnalistik pelajar-mahasiswa

Menurut dia, materi pelatihan jurnalistik tersebut disampaikan oleh pewarta dan fotografer Perum LKBN ANTARA Biro Jateng, yakni Sumarwoto dan Idhad Zakaria yang selama ini bertugas di wilayah Banyumas Raya.

Terkait dengan perkembangan media sosial (medsos), Teguh mengharapkan peserta memanfaatkan pelatihan tersebut untuk membuat konten yang baik dan menarik di medsos masing-masing, sehingga tidak mengandung unsur yang melanggar etika maupun hukum.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menceritakan tentang sejarah lahirnya Kantor Berita ANTARA serta perannya dalam menyebarluaskan berita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke seluruh penjuru dunia, dan sebagainya.

"Sejak tahun 2007, ANTARA menjadi salah satu badan usaha milik negara (BUMN) dan menjadi satu-satunya BUMN yang bergerak di bidang media dan informasi," kata Teguh.
Pewarta Perum LKBN ANTARA Biro Jateng Sumarwoto memberikan materi Teknik Menulis Berita dalam pelatihan jurnalistik "Literasi Untuk Negeri" bagi pelajar SMA di Gedung Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Minggu (18/12/2022). ANTARA/Idhad Zakaria

Sementara itu, Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang selama ini telah terjalin antara UMP dan Perum LKBN ANTARA Biro Jawa Tengah.

Baca juga: LKBN ANTARA buka pelatihan magang jurnalistik mahasiswa UIN Mataram

Ia juga mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik bagi pelajar SMA yang diselenggarakan Perum LKBN ANTARA Biro Jateng di UMP.

Oleh karena itu, dia mengharapkan seluruh peserta dapat memanfaatkan pelatihan jurnalistik tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Tentunya kita nanti bisa tahu bagaimana menulis berita ataupun membuat foto yang bagus," kata Rektor.

Dalam pelatihan yang diikuti sedikitnya 117 pelajar dari berbagai SMA di Kabupaten Banyumas, Purbalingga, dan Tegal itu peserta tidak hanya mendapatkan materi penulisan berita maupun fotografi dasar, tetapi juga diajak mempraktikkannya secara langsung.

Baca juga: LKBN Antara beri pelatihan jurnalistik bagi Humas Lapas Makassar

Bahkan, karya terbaik yang dihasilkan peserta mendapatkan hadiah bernilai jutaan rupiah dari UMP.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022