Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) melakukan pengawasan keamanan bahan pokok menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Dhany Sukma mengatakan, pengawasan bahan pokok saat ini berupa pengambilan contoh (sampling) buah-buahan, sayuran, daging dan ikan.

"Pengambilan sampling ini untuk menguji kadar formalin, kadar ember, proses pembusukan dan residu pestisida," kata Dhany Sukma di Jakarta, Senin.

Dhany mengungkapkan, hasil dari keseluruhan contoh yang diambil setelah diuji di laboratorium menunjukkan negatif formalin dan bahan berbahaya lainnya.

“Setelah kita cek, sampling yang tadi diambil, dites dan diuji coba di laboratorium maka hasilnya negatif sehingga aman untuk dikonsumsi warga Cempaka Putih," ungkapnya.

Baca juga: Sudin KPKP Jakpus pantau harga bahan pokok jelang Natal dan tahun baru
Baca juga: Harga beberapa bahan pokok naik menjelang Natal dan tahun baru

Kepala Suku Dinas (Kasudin) KPKP Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan, ada kenaikan harga sejumlah bahan pokok, namun masih wajar dan ada juga yang mengalami penurunan.

Penty mengatakan, pemantauan harga bahan pokok menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dilakukan di tiga lokasi, yakni Pasar Johar, Rawasari dan salah satu pasar modern di Green Pramuka Square.

“Tadi hasil dari monitor dua pasar tradisional, ada bahan pokok yang naik seperti beras dan ayam potong, lalu ada juga yang turun seperti telur, daging, ikan dan cabai," kata Penty.

Penty mengungkapkan, stok dan pasokan pangan di wilayah Jakarta Pusat menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dijamin aman.

“Tidak seperti tahun sebelumnya, tahun ini pembelinya tidak terlalu banyak, cenderung normal sehingga tidak ada harga yang melonjak dan dipastikan stok pangan aman," ujarnya.

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022