Bandarlampung (ANTARA) - Sejumlah pemudik asal Jawa dan Jakarta yang akan merayakan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Provinsi Lampung menilai kondisi jalan lintas Sumatera  ruas Bakauheni-Bandarlampung cukup bagus.

"Banyak perubahan di Lampung terutama kondisi jalannya. Saat saya turun dari kapal feri di Pelabuhan Bakauheni jalannya sangat bagus," kata Julius (23) pemudik asal Salatiga, Jawa Tengah, di Lampung Selatan, Senin.

Ia mengakui banyak perubahan di Bakauheni dan Kalianda Lampung Selatan terutama kondisi jalannya dibandingkan tahun 2018.

Menurutnya, saat pertama kali menggunakan sepeda motor dari Salatiga Jawa Tengah ke Lampung pada 2018 kondisi jalan lintas Sumatera terutama ruas Kalianda dan sekitarnya sangat buruk karena banyak yang berlubang.

Selain itu, lanjut dia, kondisi di jalan juga masih sepi pengendara terutama sepeda motor.

"Saya sempat tak pulang kampung beberapa tahun dan sempat kaget melihat perubahan yang cukup signifikan. Wah..Bakauheni dan Kalianda sudah berubah, jalan-jalan juga sudah bagus bagus di Lampung," ujarnya.


Ia bersama rekannya Robertus akan merayakan Natal dan Tahun Baru di Tulangbawang Barat itu mengatakan bahwa selama menempuh perjalanan menggunakan sepeda motor dari Salatiga Jawa Tengah menuju Lampung tak menemui kendala berarti.

Kondisi jalan di sepanjang Jawa menuju Pelabuhan Merak kondisinya juga cukup bagus.

"Dahulu saat melintasi hutan Alas Roban Kabupaten Batang, kondisi jalan kurang baik dan minim lampu penerangan jalan . Sekarang kondisinya cukup mencolok karena lampu jalannya ada," katanya.

Julius juga mengatakan bahwa pelayanan angkutan penyeberangan kapal feri juga lumayan bagus dan waktu jarak tempuh Pelabuhan Merak-Bakauheni juga tak terlalu lama.

"Kami naik kapal feri ekonomi bukan eksekutif. Waktu tempuh hanya 2 jam beda dengan tahun tahun lalu yang bisa mencapai 3 jam," tambahnya.

Syaiful Fikri pemudik lainnya mengatakan bahwa mudik saat ini cukup aman dan nyaman terutama saat di kapal feri dan melintasi jalinsum.

"Kami naik kapal eksekutif dan waktu tempuh hanya 1 jam. Kapalnya cukup besar dan nyaman," ujarnya.

Selain itu kondisi jalan lintas Sumatera ruas Bakauheni-Bandarlampung juga cukup bagus.

"Ada beberapa ruas jalan yang sedikit berlubang dan ada juga perbaikan jalan di wilayah Sidomulyo Lampung Selatan, tapi secara umum kondisi jalannya cukup bagus," ujarnya.

Baca juga: Puncak arus mudik diperkirakan 23-24 Desember dan 30-31 Desember 2022
Baca juga: Jasa Marga: 1,2 juta kendaraaan meninggalkan Jabotabek

 

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022