Kami akan memaksimalkan momentum ini untuk melakukan penetrasi pasar secara lebih mendalam
Jakarta (ANTARA) - Platform hospitality berbasis daring OYO mencatatkan pertumbuhan pemesanan penginapan mencapai 90 persen pada periode Mei hingga November 2022 secara year-on-year (YoY). Hal ini dinilai menjadi tanda geliat pertumbuhan bidang pariwisata.

"Setelah menghadapi berbagai tantangan karena pandemi COVID-19, kami optimis dengan pertumbuhan OYO ke depan, terutama melihat kebangkitan industri pariwisata saat ini," kata Global CBO & CEO Southeast Asia and Middle East OYO Ankit Tandon dalam keterangannya, Selasa.

Ankit melanjutkan, permintaan pemesanan akomodasi domestik meningkat tinggi, bahkan Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan tertinggi. Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk berwisata dan melakukan perjalanan bisnis.

Baca juga: OYO luncurkan program menginap gratis "Stay on Us"

"Kami akan memaksimalkan momentum ini untuk melakukan penetrasi pasar secara lebih mendalam serta meningkatkan properti penginapan kami secara keseluruhan termasuk properti penginapan premium, serta meningkatkan dukungan terhadap Patron dan tamu," ujarnya.

Capaian positif pada pertumbuhan pemesanan pada OYO turut didorong tren liburan dan perjalanan pada momentum hari besar, seperti Hari Raya Idul Fitri dan Hari Kemerdekaan RI. Tercatat pada Mei 2022, momen libur Idul Fitri mampu meningkatkan pemesanan penginapan OYO sebesar 82 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Sementara itu, pertumbuhan pemesanan berlanjut pada libur panjang Hari Kemerdekaan RI di Agustus 2022, dengan berhasil mencapai pertumbuhan pemesanan hingga 72 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Lebih lanjut, kota-kota wisata yang menjadi pilihan destinasi favorit para pelancong untuk berlibur adalah Bandung, Bali, Yogyakarta, Malang, dan Lampung dengan berkontribusi dalam pertumbuhan pemesanan sebesar 114 persen pada Mei hingga November 2022 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: OYO dan Microsoft kerja sama kembangkan teknologi industri pariwisata

Selain itu, kota-kota pusat bisnis seperti Jakarta, Tangerang, Surabaya, Bekasi dan Medan pun turut mencatatkan pertumbuhan pemesanan rata-rata 52 persen pada periode yang sama.

Untuk kembali membangkitkan industri akomodasi di Indonesia, OYO telah meluncurkan berbagai produk dan layanan dalam beberapa bulan terakhir.

Fitur Co-OYO dapat membantu Patron, mitra properti OYO dalam memberikan penawaran promosi untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan memaksimalkan pendapatannya; OYO360, fitur self-onboarding berbasis AI yang memberikan langkah sederhana bagi pemilik properti yang ingin mendaftar menjadi mitra OYO dengan mudah.

Tak hanya bagi Patron, OYO juga terus memperkuat inovasi layanan pelanggan melalui program OYO Wizard, layanan keanggotaan bagi pelanggan setia OYO.

Baca juga: OYO perkuat pengembangan teknologi untuk hadapi pasca-pandemi

Baca juga: Empat kota ini jadi tempat favorit libur lebaran

Baca juga: Kemenparekraf dan OYO kolaborasi digitalisasi desa wisata

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022