akan menerjunkan tim Gegana untuk wilayah tertentu
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Resor Metro (Polrestro) Jakarta Pusat mendapat tugas untuk melakukan pengamanan terhadap 137 gereja yang melangsungkan ibadah perayaan Natal pada 24-25 Desember 2022.

"Untuk data yang kita sudah pegang sebanyak 154 gereja yang ada di Jakarta Pusat, tetapi saat ini yang konfirmasi adanya kegiatan ibadah baru 137 gereja," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Polisi Komarudin saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Komarudin mengatakan akan menerjunkan tim Gegana untuk wilayah tertentu dalam rangka pengamanan gereja saat Natal.

"Pengamanan akan kita sesuaikan dengan karakteristik tingkat kerawanan dalam tiap-tiap gereja kemungkinan adanya penerjunan tim Gegana tetapi dilihat dari tingkat kerawanan di wilayah tersebut terlebih dahulu," ujarnya.

Sementara itu, Humas Gereja Katedral, Suyana Suwandie mengatakan diperkirakan akan ada ribuan jemaat yang akan melangsungkan ibadah misa Natal. Misa Natal akan berlangsung 24-25 Desember 2022.

"Dalam satu hari akan ada tiga kali misa Natal dimulai sejak 24 hingga 25 Desember 2022," ujar Suyana Suwandie.

"Jumlah jemaat dalam setiap ibadah misa Natal akan mencapai 1.500 jemaat," lanjutnya.

Suyana juga mengungkapkan agar para jemaat tidak membawa tas yang banyak saat melakukan misa Natal.

"Tidak perlu bawa tas yang banyak dan ukuran besar. Bawa tas yang kecil saja yang di dalamnya muat alkitab serta perabotan yang memang sangat diperlukan," ungkapnya.

Dalam hal ini, ia juga mengatakan, untuk dapat mengikuti ibadah perayaan natal hanya jemaat yang mendaftar secara daring di laman belarasa.id. Para jemaat juga diminta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes).

"Masuk ke dalam gereja selalu daftar dari online dan harus punya peduli lindungi serta tetap memakai masker selama peribadatan misa Natal," imbuhnya.
Baca juga: Polisi gelar koordinasi demi keamanan ibadah Natal di Tanjung Duren
Baca juga: Dinkes DKI buka layanan kesehatan gratis jelang Natal dan tahun baru
Baca juga: Katedral Jakarta akan ikuti aturan soal kapasitas gereja saat Natal

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022