mengutamakan komunikasi serta bekerjasama dengan pihak gereja untuk menciptakan sistem keamanan dan ketertiban yang kondusif
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Selatan mendatangi sebanyak 122 gereja untuk memberikan imbauan kepada warga sekitar agar ikut menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan Natal.

"Ada 122 gereja di Jakarta Selatan yang semuanya sudah kami kunjungi  mulai dari Penjabat Utama (PJU) Polres, Kapolsek, hingga Bhabinkamtibmas," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Ary menambahkan pihaknya terus mengutamakan komunikasi serta bekerjasama dengan pihak gereja untuk menciptakan sistem keamanan dan ketertiban yang kondusif.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Ardian Satrio Utomo merinci 122 gereja yang sudah dikunjungi tersebut terdiri 97 bangunan gereja dan gereja yang berada di dalam pusat perbelanjaan, sekolah, ruko, kampus, dan sebagainya yang sudah didatangi pihak kepolisian.

"Semua gereja yang ada di Jakarta Selatan sudah kita sentuh dengan melakukan asesmen terkait potensi kerawanan," kata Ardian.

Adapun kegiatan tersebut langsung dipimpin oleh Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi pada tujuh hingga 12 Desember 2022.

Menurut Ardian, dengan mendatangi langsung gereja, pihaknya bisa mengetahui kendala mulai dari  parkir hingga peralatan yang dibutuhkan menjelang hari Natal nanti.

Terlebih, setelah kegiatan itu Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi langsung membuat grup dengan pengurus gereja agar koordinasi dan komunikasi berjalan dengan baik.

"Sampai saat ini kendala belum ada, cuma ada 19 gereja yang menjadi prioritas seperti jumlah jemaah karena ada yang lebih dari 1.000 orang," tutupnya.

Polres Metro Jakarta Selatan juga mengimbau masyarakat untuk tetap memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan guna mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 di akhir tahun.

Dengan kolaborasi dengan masyarakat, diharapkan ibadah Natal dan perayaan malam tahun baru bisa berjalan dengan lancar.
Baca juga: Sambut Natal, Satpol PP Jakut gelar kegiatan bersih-bersih gereja
Baca juga: Polres Jakarta Pusat amankan 137 gereja saat perayaan Natal 2022
Baca juga: Katedral Jakarta akan ikuti aturan soal kapasitas gereja saat Natal

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022