Jakarta (ANTARA) - Arsjad Rasjid ditetapkan sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani) periode 2023 – 2027 dalam Musyawarah Nasional (Munas) ke-20 Perpani di Jakarta, Selasa.

Arsjad yang juga Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia tersebut meraih 18 suara, mengungguli calon lain, Agus Joko Pramono (AJP), melalui pemungutan suara bulat yang dilakukan oleh perwakilan 33 Pengurus Provinsi (Pengprov).

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh keluarga besar Perpani atas kepercayaan ini. Saya ajak kita bersama untuk memberikan yang terbaik bagi Perpani, untuk memenangi kompetisi di ajang internasional. Kita ingin membanggakan Indonesia, Merah Putih dan Lagu Indonesia Raya harus dikumandangkan di Olimpiade Paris nanti,” ujar Arsjad setelah ditetapkan sebagai Ketum Perpani, dalam siaran pers yang diterima pada Rabu.

Baca juga: Kejurnas Panahan 2022 di Palangka Raya alami pergeseran jadwal

Arsjad mengatakan untuk mencapai target tersebut dia akan mendorong transformasi organisasi yang bertumpu pada lima aspek pengembangan, yaitu pengembangan SDM, baik atlet, pelatih, wasit, maupun pengurus PB Perpani, pengembangan kelayakan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan pelatihan dan pembinaan atlet panahan, serta mendorong cabang olahraga panahan barebow dan jemparingan di ajang perlombaan nasional.

Untuk meningkatkan prestasi atlet di kancah internasional, menurut dia, perlu diadakan pembinaan khusus bagi atlet panahan, dimulai dari pembenahan pemeringkatan nasional, mengadakan training dan workshop berbasis sport science, program pengembangan atlet jangka panjang (Long Term Athlete Development/LTAD), penetapan kalender kompetisi, dan training camp untuk atlet terpilih ke ajang Olimpiade.

Adapun basis dari semua pengembangan dan transformasi tersebut adalah penguatan kemitraan untuk memajukan dan membangun organisasi dan ekosistem cabang olahraga panahan yang profesional dan mandiri.

“Berikan saya waktu untuk menyusun kepengurusan, dan saya sudah sepakat mengajak Pak AJP dalam kepengurusan. Terima kasih kepada pengurus periode ini dan Panitia yang sudah menyelenggarakan Munas PB Perpani ini dengan aman dan lancar,” tutup dia.

Baca juga: Perpani: Timnas panahan makin kompak mendekati SEA Games Hanoi

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022