Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Kehutanan Negara atau biasa disingkat menjadi Perum Perhutani berupaya meningkatkan kapabilitas perempuan melalui komunitas perempuan berkarya bernama Srikandi.
 
Direktur Utama Perum Perhutani Wahyu Kuncoro mengatakan Srikandi Perhutani dibentuk untuk memberi wadah bagi perempuan berkarya agar dapat saling mendukung, membangun personel, dan kapabilitas profesional, membangun kemampuan beradaptasi dan memperluas jejaring antar organisasi Srikandi di lingkup BUMN.
 
"Komposisi talent perempuan di Perhutani tahun 2022 yang menduduki jenjang I, II dan III sekitar 10 persen lebih dari total seluruh karyawati, sehingga Srikandi menjadi bagian dalam membawa Perhutani menjadi perusahaan yang berdaya saing tinggi, terus bertumbuh serta bermanfaat bagi masyarakat dan negara," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Jumat.
 
Wahyu mengapresiasi para Srikandi Perhutani yang sanggup menyelaraskan waktu bekerja dan berkarya untuk perusahaan serta membagi waktu untuk keluarga.

Baca juga: Erick Thohir: Kepemimpinan perempuan di BUMN baru capai 15 persen

Baca juga: Srikandi BUMN berbagi keceriaan Natal kepada perempuan disabilitas
 
Ia percaya Srikandi bisa menjadi calon pemimpin yang tangguh di masa depan.
 
Sementara itu, Koordinator Bidang Komunikasi Srikandi BUMN Nina Kurnia Dewi menyampaikan bahwa Srikandi BUMN memfokuskan organisasi untuk mendorong dan mendukung dua hal, yaitu pemberdayaan perempuan dan kepemimpinan perempuan.
 
"Program yang dijalankan Srikandi BUMN saat ini adalah mendorong implementasi lingkungan kerja yang saling menghargai (respectful workplace) di seluruh BUMN. Program ini atas hasil riset Srikandi BUMN dan telah diresmikan oleh Menteri BUMN," kata Nina.

Kementerian BUMN menegaskan komitmen perempuan untuk terus berkontribusi aktif sehingga memberikan dampak nyata kepada perusahaan dan masyarakat, yakni Srikandi BUMN Talent Development, Duta Srikandi BUMN, dan Srikandi BUMN Goes to Campus.
 
Srikandi BUMN Talent Development merupakan program bagi talent–talent perempuan terpilih di BUMN untuk dilatih dan dipersiapkan menjadi pemimpin perempuan di masa mendatang. Program ini akan mengembangkan career path untuk Srikandi BUMN mulai dari fresh graduate sampai dengan BOD-1.
 
Duta Srikandi BUMN yaitu kegiatan pemilihan duta untuk program Srikandi yang akan mengemban tugas selama setahun. Duta Srikandi BUMN itu diharapkan mampu mengamplifikasi kemajuan BUMN, termasuk dalam mendorong kesetaraan gender dan kepemimpinan perempuan di BUMN.
 
Sedangkan Srikandi BUMN Goes to Campus adalah program yang menekankan engagement dengan kalangan kampus dan campaign tentang peran dan kemajuan BUMN, bertujuan untuk memotivasi mahasiswi agar dapat berkarir, berperan, dan berkreativitas melalui BUMN.*

Baca juga: Srikandi BUMN dorong implementasi lingkungan kerja saling menghargai

Baca juga: Dirut berharap Srikandi Perhutani Group lahirkan pemimpin tangguh

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022