Umat yang hadir mengikuti misa mendaftar ke website Belarasa dan sudah diberlakukan lintas paroki
Jakarta (ANTARA) - Gereja Katedral Jakarta menyelenggarakan Misa Natal pada 24-25 Desember 2022 yang digelar dalam beberapa sesi, baik secara tatap muka (luar jaringan/luring) maupun dalam jaringan (daring).

Pastor Kepala Katedral Romo Hani Rudi Hartoko di Jakarta, Jumat, menyebutkan Misa Malam Natal (24/12) dibagi ke dalam tiga sesi, pertama pukul 16.30 WIB yang dikhususkan bagi lansia dan digelar secara luring, lalu pukul 19.00 WIB (luring dan daring), dan pukul 21.30 WIB (luring).

Sementara pada Misa Natal (25/12), dimulai pada pukul 08.30 WIB untuk misa pontifikal (daring dan luring), kemudian pukul 11.00 WIB (misa anak-anak secara luring), dan pukul 17.00 WIB (luring dan daring).

Romo Hani Rudi Hartoko mengatakan umat yang akan beribadah di Katedral adalah mereka yang sebelumnya telah mendaftar melalui laman Belarasa KAJ.

Pendaftaran telah dibuka sejak 12 Desember 2022 untuk umat paroki Katedral dan 19 Desember 2022 untuk umat Keuskupan Agung Jakarta (KAJ).

Baca juga: Katedral Jakarta siapkan tempat parkir bagi peserta Misa Natal

Baca juga: Ibadah Misa Natal di GPIB Immanuel Jakarta digelar dua kali


"Umat yang hadir mengikuti misa mendaftar ke website Belarasa dan sudah diberlakukan lintas paroki," ujar Romo Hani.

Kendati demikian, Gereja Katedral akan menampung jemaat yang belum melakukan pendaftaran lewat laman belarasa, apabila masih tersisa kapasitas kursi di dalam komplek gereja.

"Kami akan memprioritaskan mereka yang sudah registrasi untuk ditampung baik di plaza maupun di tenda. Nanti Kalau masih ada tempat akan diberi ruang kesempatan bagi mereka yang mungkin karena sedang dari luar kota ke sini," ujarnya.

Gereja Katedral Jakarta menyiapkan 2.180 kursi bagi jemaat peserta Misa Natal 2022. Pada tahun 2021, saat pembatasan untuk mengendalikan penularan COVID-19 masih diterapkan secara ketat, pengurus Gereja Katedral Jakarta membatasi jemaat peserta Misa Natal sebanyak 650 orang.

Meski jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya, jumlah kursi yang disiapkan untuk jemaat Misa Natal 2022 di Gereja Katedral Jakarta baru sekitar separuh dari yang biasa disiapkan sebelum pandemi COVID-19.

Baca juga: Kapasitas Katedral Jakarta capai 2.180 orang untuk ibadah Natal 2022

Baca juga: Pengurus gereja boleh tambah kapasitas asal dapat izin dari polisi

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022