Jakarta (ANTARA) - Rumah Pertamina Siaga di Tempat Istirahat dan Pelayanan (rest area) KM 57 menyiagakan dua motoris yang siap mengantarkan BBM kepada pemudik yang kehabisan bahan bakar saat melintasi Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) pada liburan Natal tahun ini.

Team Leader Rumah Pertamina Siaga Rest Area KM 57 Tol Japek Ramanik Hasmanta mengatakan, pihaknya mempersiapkan motoris yang selalu bersiaga membantu pemudik yang kehabisan BBM di tengah perjalanan.

"Kita selalu siap 24 jam dalam menyediakan motoris yang siap melayani para pemudik di Tol Jakarta-Cikampek," ujar Ramanik Hasmanta saat ditemui di Karawang, Jawa Barat, Jumat.

Pertamina menyiagakan motoris di mana salah satu tujuannya untuk membantu masyarakat umum apabila mengalami kehabisan BBM, khususnya di area KM 57.

Masyarakat atau pengguna Jalan Tol Jakarta - Cikampek bisa menghubungi call center 135 untuk mendapatkan layanan motoris Pertamina.

Untuk di area KM 57 Tol Jakarta - Cikampek, motoris Pertamina yang disiagakan berjumlah dua motoris.

Sementara itu, petugas motoris Pertamina bernama Saepul Zam Zam mengatakan bahwa para motoris dalam menjalankan tugasnya mengantar BBM kepada masyarakat di Tol Jakarta - Cikampek telah mendapatkan surat jalan dari kepolisian.

"Kalau kondisi jalan sedang ramai lancar, kita bisa meminta pengawalan dari pihak kepolisian," ujar Saepul.

Untuk harga BBM dibawa motoris sendiri, katanya, sama dengan harga BBM di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) biasa.

"Masyarakat bisa melakukan transaksi pembayaran dengan uang tunai, transfer, atau melalui pembayaran berbasis QR," ujar Saepul.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution memastikannya kesiapan pasokan energi dalam kondisi aman.

Sejak 15 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023, Tim Satuan Tugas Natal & Tahun Baru PT Pertamina Patra Niaga telah siaga di jalur strategis dan wisata untuk memastikan kehandalan pasokan dan layanan BBM, LPG dan Avtur untuk masyarakat yang bermobilisasi.

Baca juga: Pertamina siaga di Jalur lintas Sumatera jelang Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Pertamina lakukan siaga COVID-19 di SPBU

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022