Garut (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono menyampaikan, jalur utama dari arah Bandung menuju Kabupaten Garut, Jawa Barat mulai ramai dilintasi kendaraan roda dua maupun empat menjelang libur Natal.

"Sudah mulai ramai tapi masih dalam batas kewajaran," kata Wirdhanto usai meninjau Pos Terpadu Pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2022 di Limbangan, Garut, Sabtu.

Baca juga: Kemenhub cek kelaikan pesawat setiap hari selama libur akhir tahun

Ia menuturkan sejumlah personel kepolisian sudah disiagakan di setiap jalur nasional maupun titik keramaian lainnya yang akan menjadi daerah lintasan menuju kota lain maupun memasuki wilayah Garut.

Hasil laporan di lapangan, kata dia, arus kendaraan sudah terjadi peningkatan, meski begitu masih terpantau lancar, tidak ada titik masalah yang menyebabkan hambatan arus lalu lintas kendaraan.

"Sudah ada peningkatan, hitungannya masih lancar, ada peningkatan tetapi masih terkendali dan lancar, tidak ada titik 'trouble'," kata Kapolres.

Ia menyampaikan sehari sebelum libur Natal, jajarannya sempat memberlakukan satu arah arus kendaraan di wilayah Pasar Limbangan dan Pasar Lewo atau kawasan yang menjadi jalur selatan Jabar.

Pemberlakuan satu arah, kata dia, sudah dilakukan sebanyak enam kali selama 15 menit yang hasilnya mampu mengurai arus lalu lintas kendaraan di jalur selatan itu.

"One way sebanyak enam kali di Limbangan dan juga Pasar Lewo. Itu hanya lebih melancarkan lagi beberapa titik 'trouble spot' di Pasar Limbangan dan Pasar Lewo, kita laksanakan selama 15 menit dan sudah bisa mencair," kata Kapolres.

Terkait jalur lainnya di wilayah perkotaan maupun wisata, kata dia, juga terpantau normal, untuk itu, jajarannya saat ini fokus pengamanannya di jalur nasional.

"Kita masih fokus di jalan nasional," katanya.

Baca juga: Forkopimda Jember pantau gereja pastikan perayaan Natal 2022 aman
Baca juga: Sumatera jadi destinasi tertinggi keberangkatan dari Pulo Gebang
Baca juga: Khofifah minta pihak terkait waspadai gelombang laut tinggi saat Natal

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022