Jakarta (ANTARA) -
Dirjen BIMAS Islam Kementerian Agama Prof. Dr. Kamaruddin Amin mengatakan mendukung program Dompet Dhuafa yang mengirimkan dai Indonesia ke luar negeri untuk memberikan informasi keagamaan bagi Warga Negara Indonesia (WNI).
 
"Ini penting sekali karena masyarakat kita yang ada di sana itu tidak mendapatkan sumber informasi keagamaan yang cukup, sehingga mereka perlu untuk mendapatkan informasi itu," ucapnya dalam diskusi Peran dai sebagai ambassador Indonesia di luar negeri di Jakarta, Kamis.
 
Ia juga mengajak Dompet Dhuafa bersama pemerintah dan juga lembaga-lembaga terkait untuk mendesain program pengiriman dai ke luar negeri lebih sistematis dan terarah.
 
Selain itu, Kamaruddin juga ingin dai dari Indonesia bisa memperkenalkan Islam Indonesia ke luar negeri bukan hanya kepada WNI yang ada disana namun kepada penduduk negara tersebut secara luas.

Baca juga: Dompet Dhuafa ingin beri masyarakat miskin pendidikan terbaik

Baca juga: DMC Dompet Dhuafa perkenalkan teknik vertical rescue kepada jurnalis
 
"Bagaimana agama Islam diterapkan di Indonesia itu pantas layak untuk menjadi contoh artikulasi atau pengamalan keagamaan di negara-negara yang lain," ucapnya.
 
Ia mengatakan pengamalan Islam Indonesia sesuai dengan demokrasi dan menghargai perbedaan dan bisa menjadi contoh yang sangat baik dan ini dibutuhkan.
 
Kamaruddin mengatakan Islam sering disalahpahami di berbagai negara khususnya di barat yang diidentikkan dengan kemunduran, kekerasan dan berbagai hal yang tidak positif.
 
"Saatnya harus kita buktikan karena sesungguhnya tidak seperti itu, nah Indonesia adalah contoh terbaik untuk menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang kontributif terhadap pembangunan, modernitas, demokrasi, kesetaraan gender dan seterusnya," ucap Kamaruddin.
 
Pengiriman dai tidak hanya menyasar pada negara Asia, namun sampai negara Eropa dan Amerika. Setelah pandemi mereda, pada tahun 2022 ini Dompet Dhuafa telah mengirim dainya ke tiga negara yaitu Taiwan, Hongkong dan Makau dengan masing-masing satu orang dai.*

Baca juga: Dompet Dhuafa NTT sediakan rumah singgah pasien warga tak mampu

Baca juga: Dompet Dhuafa bantu sumur air bersih untuk warga Seram Barat

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022