Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan (Sudin LH Jaksel) mengerahkan ratusan personel untuk menjaga kebersihan lingkungan sekaligus mencegah penumpukan sampah saat puncak perayaan malam tahun baru.

"Kami mengerahkan sebanyak 400 personel di beberapa titik dan armada yang telah disiapkan dalam menyambut perayaan tahun baru," kata Kasudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Selatan Mohamad Amin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Lingkungan Hidup Jaksel angkut puluhan meter kubik sampah dari gereja

Nantinya, Amin mengatakan para Petugas Jasa Perorangan Lainnya (PJLP) Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan untuk bersiaga di lima titik wilayah Jakarta Selatan, yakni Amphiteater Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Taman Marga satwa Ragunan, Tebet Eco Park, panggung BUMD (area JPO Sudirman), dan panggung Artha Graha (area SCBD).

Sementara itu, sarana penanganan kebersihan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan mengerahkan 13 unit kendaraan penyapu jalan (road sweeper), empat unit mobil bak terbuka (pickup) , dua unit truk derek, toilet portable, serta tempat sampah beroda di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru.

"Petugas akan memulai kegiatan pembersihan secara serentak sejak pukul 00.30 WIB dan ditargetkan sebelum pukul 05.00 WIB seluruh sampah sudah tertangani," tuturnya.

Amin menambahkan, ketika puncak pergantian tahun terlewati dan acara utama selesai, maka petugas yang telah disiagakan pada Sabtu (31/12) sore akan langsung bergerak di setiap lokasi yang ditentukan.

Baca juga: Ibu-ibu di Matraman dapat pelatihan pengolahan sampah

"Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Selatan akan menggelar apel konsiyering untuk mengecek kesiapan petugas," tambahnya.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan 3.180 personel satuan tugas kebersihan pada malam pergantian tahun 2023.

Ditargetkan hari pertama 2023, Minggu (1/1) subuh seluruh wilayah Jakarta sudah bersih dari sampah sisa-sisa perayaan tahun baru.

Petugas Jasa Perorangan Lainnya (PJLP) itu terdiri dari sopir truk sampah dan regu pungut sampah.

Baca juga: Heru optimalkan TPST Bantargebang kelola sampah Jakarta

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022